SERLISA, GITANIATY (2014) Pengaruh Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan, Karakteristik Konsumen-Merek terhadap Loyalitas Merek melalui Kepercayaan terhadap Merek (Studi Kasus pada Konsumen Obat Kumur Merek Listerine di Kota Semarang). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk meneliti pengaruh karakteristik merek: reputasi merek, kecakapan memprediksi merek, dan kompetesi merek, Pengaruh karakteristik perusahaan: kepercayaan pada perusahaan, reputasi perusahaan, motif perusahaan, dan integritas perusahaan dan pengaruh karakteristik konsumen merek: kesesuaian antara konsep diri kosumen dengan kepribadian merek, kesukaan merek, pengalaman merek, kepuasan merek dan dukungan teman terhadap loyalitas konsumen pada merek obat kumur Listerine dengan menggunakaan kepercayaan terhadap merek sebagai variabel intervening. Penelitian ini merupakan penelitian replikasi dari penelitian Lau dan Lee (2009). Tekik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, degan jumlah sempel sebanyak 220 responden di kota Semarang. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi dua langkah dengan program SPSS 20. Hasil analisis menunjukan bahwa kepercayaan terhadap merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesetiaan pada merek. Variabel-variabel yang signifikan terhadap kepercayaan pada merek adalah karakteristik merek yang terdiri dari reputasi merek, kecakapan memprediksi merek, dan kompetensi merek, karakteristik perusahaan yang terdiri dari motif perusahaan, dan karakteristik konsumen merek yang terdiri dari pengalaman merek Hasil ini dilihat dari nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel (t hitung > 1,972) dan nilai signifikan (p < 0,05).
Actions (login required)