NAFIS, SAMAWATI (2014) PENGARUH IT-BASED SERVICE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA BANK BNI DI KOTA SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
ABSTRAKSI IT-Based Service adalah salah satu pelayanan jasa bank yang memungkinkan nasabah untuk memperoleh informasi, melakukan komunikasi dan melakukan transaksi perbankan melalui jaringan internet, dan bukan merupakan bank yang hanya menyelenggarakan layanan perbankan melalui internet. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas jasa IT-based Service terhadap loyalitas nasabah pada Bank BNI di area Kota Semarang. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner dan beberapa observasi serta wawancara langsung dengan pihak terkait dengan IT-Based Service. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan menggunakan uji hipotesis, yaitu uji F dan uji t. Dari penelitian ini dapat disimpulkan berdasarkan uji statistik bahwa variabel kualitas jasa yang terdiri dari kemudahan, kesesuaian, performa, efisiensi, kredibilitas, sensasi, informasi secara bersama-sama (simultan-uji F) memiliki pengaruh yang positif terhadap variabel loyalitas konsumen. Berdasarkan uji t, variabel kemudahan (X1), kesesuaian (X2), performa (X3), efisiensi (X4), kredibilitas (X5), sensasi (X6), informasi (X7) memiliki pengaruh yang positif dengan tingkat signifikan masing-masing terhadap variabel loyalitas konsumen (Y). Penelitian ini memperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,353, hal ini berarti 35,3% loyalitas nasabah dapat dijelaskan oleh variabel reliabilitas, kemudahan, kesesuaian, performa, efisiensi, kredibilitas, sensasi, informasi sedangkan sisanya yaitu 64,7% loyalitas konsumen dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Actions (login required)