AMELIA, CAHYATI DIAN (2014) PENGARUH PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL TERHADAP KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
| PDF Download (145Kb) | Preview | |
| PDF Download (4Kb) | Preview |
Abstract
Perusahaan saat ini, sudah mulai menunjukan perhatiannya terhadap lingkungan sosial dengan melakukan pengungkapan tanggung jawab sosial. Tanggung jawab sosial dapat digambarkan sebagai ketersediaan informasi yang diberikan perusahaan melalui penerbitan laporan tahunan yang berkaitan dengan kegiatan perusahaan baik diinternal perusahaan maupun eksternal perusahaan yang berkaitan dengan sosial dan lingkungan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial dengan dimensi hubungan karyawan, produk, hubungan masyarakat, dan lingkungan terhadap kepemilikan institusional. sampel penelitian ini adalah 53 perusahaan yang terdaftar dalam Indeks SRI-KEHATI tahun 2009-2012. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda pada tingkat signifikansi (?) 5%. Hasil pengujian hipotesis menunjukan hasil : (1) pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial dimensi hubungan karyawan menunjukan nilai signifikansi 0,001 nilai tersebut < 0,05, sehingga hipotesis pertama (H1) diterima. (2) pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial dimensi produk menunjukan nilai signifikansi 0,723 nilai tersebut > 0,05, sehingga hipotesis kedua (H2) ditolak. (3) pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial dimensi hubungan masyarakat menunjukan nilai signifikansi 0,373 nilai tersebut > 0,05, sehingga hipotesis ketiga (H3) ditolak. (4) pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial dimensi lingkungan menunjukan nilai signifikansi 0,573 nilai tersebut > 0,05, sehingga hipotesis keempat (H4) ditolak. Hasil pengujian secara simultan menunjukan tingkat signifikansi 0,011, nilai tersebut lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat dikatakan bahwa variabel hubungan karyawan, produk, hubungan masyarakat, lingkungan mempengaruhi secara signifikan terhadap kepemilikan institusional.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi Ilmu Sosial > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 07 Oct 2014 16:55 |
Last Modified: | 19 Nov 2014 17:38 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/8769 |
Actions (login required)
View Item |