SAIFUL, BASRI (2014) ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SHAMPO PANTENE (Studi pada Swalayan ADA Siliwangi Semarang). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
Abstrak Keputusan pembelian adalah keputusan sebagai suatu pemilikan tindakan dari dua atau lebih pilihan alternatif. Proses psikologis dasar memainkan peranan penting dalam memahami bagaimana konsumen benar-benar membuat keputusan pembelian mereka. Perusahaan yang cerdas berusaha untuk memahami proses keputusan pembelian konsumen secara penuh, semua pengalaman mereka dalam pembelajaran, memilih, menggunakan dan bahkan menyingkirkan produk. Banyak faktor dapat mempengaruhi keputusan pembelian, salah satunya adalah bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, saluran distribusi dan promosi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh produk, harga, saluran distribusi dan promosi terhadap keputusan pembelian Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen membeli shampo Pantene di Kota Semarang jumlahnya tidak diketahui dengan pasti.. Sampel yang dipilih berjumlah 100 konsumen. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa :1) Harga merupakan faktor terbesar dan paling dominan yang mempengaruhi keputusan pembelian.2). Promosi merupakan faktor kedua yang mempengaruhi keputusan pembelian. 3). Produk merupakan faktor ketiga yang mempengaruhi keputusan pembelian. 4). Distribusi merupakan faktor keempat yang mempengaruhi keputusan pembelian.
Actions (login required)