UDiNus Repository

IMPLEMENTASI KOMBINASI ALGORITMA 3DES DAN ALGORITMA BASE64 PADA SISTEM KEAMANAN HANDSHAKING ANIMATION STORE DI CV. EDUKREASI

MUHAMMAD, RAHIM ABDUL (2013) IMPLEMENTASI KOMBINASI ALGORITMA 3DES DAN ALGORITMA BASE64 PADA SISTEM KEAMANAN HANDSHAKING ANIMATION STORE DI CV. EDUKREASI. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (274Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Pencurian data dan informasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab merupakan ancaman nyata bagi proses jual beli konten animasi yang dapat merugikan pihak CV. Edukreasi sebagai penjual konten-konten animasi maupun client yang sebagai pembeli konten-konten animasi. Dalam mewujudkan keamanan data dan informasi yang baik dalam sistem Animation Store Edukreasi tersebut sehingga data dan informasi tidak dapat dimengerti oleh pihak lain dibutuhkan adanya penyandian pada saat proses handshaking antara web server apache dan aplikasi client. Kombinasi metode enkripsi dan dekripsi menggunakan algoritma 3DES dan algoritma Base64 pada satu protocol memungkinkan adanya penyadian yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan dalam menyandikan data dan informasi yang dibutuhkan dalam proses handshaking antara web server apache dan aplkasi client melalui socket. Karena Animation Store Edukreasi dapat juga diakses melalui browser, implementasi kombinasi algoritma 3DES dan algoritma Base64 dilakukan setiap kali client melakukan koneksi ke Animation Store Edukreasi melalui aplikasi client, yakni dimaksudkan agar web server dapat mengenali pengguna melalui machine-id komputer atau notebook yang dikirim oleh aplikasi client guna menyesuaikan informasi yang disajikan, aplikasi client mendapatkan data-data detail pengguna yang dikirim oleh web server dari database server dan menghindari proses upload, download dan jual beli konten animasi tanpa melalui verifikasi aplikasi client (ilegal).

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:27
      Last Modified: 17 Nov 2014 11:34
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12298

      Actions (login required)

      View Item