CANDRANING, PUSPASARI (2013) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN MEDIA IKLAN PADA PT.SIDOMUNCUL MENGGUNAKAN METODE ELECTRE (ELIMINATION AND CHOICE EXPRESSING REALITY). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (4090b) | Preview |
Abstract
Perkembangan dunia usaha di Indonesia yang begitu pesat, menyebabkan adanya pasar bebas yang memicu persaingan antar produsen untuk lebih gencar melakukan promosi terhadap produk yang akan di tawarkan kepada konsumen. Persaingan antar produk di pasaran mendorong produsen untuk lebih giat berpromosi agar dapat menarik perhatian konsumen. Promosi dapat dilakukan melalui berbagai cara, antara lain : melalui promosi penjualan, publisitas umum, penjualan pribadi, dan periklanan. Promosi melalui media periklanan sangatlah efisien karena menggunakan biaya rendah dan mempunyai daya bujuk (persuasif) yang kuat. Iklan mengarahkan konsumen dalam menyuguhkan produk sehingga dapat diyakini untuk memenuhi kebutuhan pembeli. Pada Tugas Akhir ini telah dibangun suatu Sistem Pendukung Keputusan yang berfungsi sebagai alat bantu bagi perusahaan untuk memudahkan penentuan media iklan berdasarkan kriteria-kriteria yang ada. Sistem Pendukung Keputusan ini menggunakan metode ELECTRE (Elimination and Choice Expressing Reality), sebuah metode penentuan urutan dalam analisis multikriteria. Keluaran dari Sistem Pendukung Keputusan ini berupa informasi bagi pengambil keputusan yang dapat dijadikan acuan untuk mengambil keputusan dalam proses penentuan media iklan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 10 Oct 2014 17:30 |
Last Modified: | 17 Nov 2014 05:40 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12402 |
Actions (login required)
View Item |