UDiNus Repository

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN MEDIA IKLAN PADA PT.SIDOMUNCUL MENGGUNAKAN METODE ELECTRE (ELIMINATION AND CHOICE EXPRESSING REALITY)

CANDRANING, PUSPASARI (2013) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN MEDIA IKLAN PADA PT.SIDOMUNCUL MENGGUNAKAN METODE ELECTRE (ELIMINATION AND CHOICE EXPRESSING REALITY). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4090b) | Preview

    Abstract

    Perkembangan dunia usaha di Indonesia yang begitu pesat, menyebabkan adanya pasar bebas yang memicu persaingan antar produsen untuk lebih gencar melakukan promosi terhadap produk yang akan di tawarkan kepada konsumen. Persaingan antar produk di pasaran mendorong produsen untuk lebih giat berpromosi agar dapat menarik perhatian konsumen. Promosi dapat dilakukan melalui berbagai cara, antara lain : melalui promosi penjualan, publisitas umum, penjualan pribadi, dan periklanan. Promosi melalui media periklanan sangatlah efisien karena menggunakan biaya rendah dan mempunyai daya bujuk (persuasif) yang kuat. Iklan mengarahkan konsumen dalam menyuguhkan produk sehingga dapat diyakini untuk memenuhi kebutuhan pembeli. Pada Tugas Akhir ini telah dibangun suatu Sistem Pendukung Keputusan yang berfungsi sebagai alat bantu bagi perusahaan untuk memudahkan penentuan media iklan berdasarkan kriteria-kriteria yang ada. Sistem Pendukung Keputusan ini menggunakan metode ELECTRE (Elimination and Choice Expressing Reality), sebuah metode penentuan urutan dalam analisis multikriteria. Keluaran dari Sistem Pendukung Keputusan ini berupa informasi bagi pengambil keputusan yang dapat dijadikan acuan untuk mengambil keputusan dalam proses penentuan media iklan.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:30
    Last Modified: 17 Nov 2014 05:40
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12402

    Actions (login required)

    View Item