UDiNus Repository

PENGARUH PERILAKU BELAJAR, PENGENALAN DIRI, PENGENDALIAN DIRI, MOTIVASI, EMPATI, KETERAMPILAN SOSIAL, DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA DI UDINUS

LUTFI, WIJAYA (2015) PENGARUH PERILAKU BELAJAR, PENGENALAN DIRI, PENGENDALIAN DIRI, MOTIVASI, EMPATI, KETERAMPILAN SOSIAL, DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA DI UDINUS. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (475Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4006b) | Preview

      Abstract

      Prestasi akademik mahasiswa yang berupa indeks prestasi kumulatif dapat dipengaruhi oleh perilaku belajar, pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, keterampilan sosial, kepercayaan diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh perilaku belajar, pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, keterampilan sosial, kepercayaan diri terhadap prestasi akademik mahasiswa akuntansi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan akuntansi angkatan 2010 sampai dengan 2014 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro Semarang dengan responden 92 mahasiswa. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Metode sampel yang digunakan adalah random sampling, dan analisis data penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS versi 16. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh variabel yang berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik adalah perilaku belajar, pengenalan diri, motivasi, keterampilan sosial. Sedangkan variabel yang berpengaruh tidak signifikan adalah pengendalian diri, empati, kepercayaan diri. Nilai adjusted R^2diperoleh sebesar 0,479 yang berarti 47,90% prestasi akademik dapat dipengaruhi oleh variabel perilaku belajar, pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, keterampilan sosial, dan kepercayaan diri. Sedangkan 52,10% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:20
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:20
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17115

      Actions (login required)

      View Item