UDiNus Repository

ANALISIS FAKTOR PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL PADA KEMAMPUAN PEMAHAMAN PELAJARAN AKUNTANSI DILIHAT DARI PERSPEKTIF GENDER STUDI EMPIRIS SISWA SMKN 3 JEPARA

MIFTANIA, FITRIYANI ANNISA (2015) ANALISIS FAKTOR PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL PADA KEMAMPUAN PEMAHAMAN PELAJARAN AKUNTANSI DILIHAT DARI PERSPEKTIF GENDER STUDI EMPIRIS SISWA SMKN 3 JEPARA. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (200Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4064b) | Preview

      Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional yaitu pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan ketrampilan sosial terhadap tingkat pemahaman akuntansi dilihat dari perspektif gender pada siswa kelas 3 jurusan akuntans SMK Negeri 3 Jepara. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data primer adalah dengan menggunakan sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan 60 responden siswa yaitu laki-laki dan perempuan. Analisis yang digunakan adalah model asumsi klasik, uji-t, uji F dan ujibeda .Hasil uji asumsi klasik menunjukkan data berdistribusi normal dan tidak terdapat penyimpangan. Berdasarkan perhitungan SPSS 16.0, diperoleh nilai F sebesar 15,689 dengan signifikansi 0,000 menunjukkan kurang dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ke lima variabel independen pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan ketrampilan sosial bersama-sama mempengaruhi pemahaman akuntansi. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh variabel pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi dan ketrampilan sosial dapat menjelaskan variabel pemahaman akuntansi sebesar 55,5 % dan sisanya44,5 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:20
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:20
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17131

      Actions (login required)

      View Item