MIFTANIA, FITRIYANI ANNISA (2015) ANALISIS FAKTOR PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL PADA KEMAMPUAN PEMAHAMAN PELAJARAN AKUNTANSI DILIHAT DARI PERSPEKTIF GENDER STUDI EMPIRIS SISWA SMKN 3 JEPARA. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
| PDF Download (200Kb) | Preview | |
| PDF Download (4064b) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional yaitu pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan ketrampilan sosial terhadap tingkat pemahaman akuntansi dilihat dari perspektif gender pada siswa kelas 3 jurusan akuntans SMK Negeri 3 Jepara. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data primer adalah dengan menggunakan sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan 60 responden siswa yaitu laki-laki dan perempuan. Analisis yang digunakan adalah model asumsi klasik, uji-t, uji F dan ujibeda .Hasil uji asumsi klasik menunjukkan data berdistribusi normal dan tidak terdapat penyimpangan. Berdasarkan perhitungan SPSS 16.0, diperoleh nilai F sebesar 15,689 dengan signifikansi 0,000 menunjukkan kurang dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ke lima variabel independen pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan ketrampilan sosial bersama-sama mempengaruhi pemahaman akuntansi. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh variabel pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi dan ketrampilan sosial dapat menjelaskan variabel pemahaman akuntansi sebesar 55,5 % dan sisanya44,5 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi Ilmu Sosial > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 27 Nov 2015 11:20 |
Last Modified: | 27 Nov 2015 11:20 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17131 |
Actions (login required)
View Item |