DWI, ARDIYANTI YOSSI (2016) EVALUASI PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN DI TPPRJ RSUD BENDAN KOTA PEKALONGAN TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.
| PDF Download (4Kb) | Preview | |
| PDF Download (321Kb) | Preview | |
| PDF Download (21Kb) | Preview | |
| PDF Download (153Kb) | Preview | |
| PDF Download (196Kb) | Preview | |
| PDF Download (235Kb) | Preview | |
| PDF Download (199Kb) | Preview | |
| PDF Download (119Kb) | Preview | |
| PDF Download (213Kb) | Preview | |
| PDF Download (234Kb) | Preview | |
| PDF Download (229Kb) | Preview | |
| PDF Download (91Kb) | Preview | |
| PDF Download (89Kb) | Preview |
Abstract
Pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan berperan penting dalam pelaksanaan pendaftaran di bagian TPPRJ. Berdasarkan survei awal pada bulan Maret 2016 di TPPRJ, selama 2 hari didapatkan rata-rata waktu pelayanan DRM di TPPRJ sebanyak 10 pasien lama adalah 11.45 menit. Tujuan penelitian yaitu melakukan evaluasi pelayanan pendaftaran pasien di TPPRJ. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan metode observasi dan wawancara menggunakan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian ini adalah kepala rekam medis, 3 petugas TPPRJ. Objek penelitian adalah pasien dengan jumlah sampel 98 pasien. Analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian didapatkan karakteristik petugas TPPRJ, paling tinggi berusia yaitu 36 tahun dan usia paling rendah yaitu 23 tahun. Pendidikan terakhir responden yaitu D3 komputer, S1 Psikologi, dan SMA. Kedua responden mengikuti pelatihan pelayanan prima sedangkan responden lainnya mengikuti pelatihan ISQ. Lama kerja responden paling lama yaitu 6 tahun dan paling sedikit yaitu 3 tahun. Tugas pokok dan fungsi pelayanan pendaftaran sudah sesuai dengan teori. Terdapat standar operasional prosedur rawat jalan. Waktu penyediaan dokumen rawat jalan rata-rata 11.45 menit, maka belum sesuai dengan standar operasional prosedur. Sarana di TPPRJ yaitu komputer, alat tulis, tracer, formulir rawat jalan, KIB. Berdasarkan aspek kepatuhan petugas terhadap prosedur pelayanan pendaftaran rawat jalan, ada beberapa prosedur yang tidak dilakukan yaitu memberikan informasi tentang ruang periksa, memberikan kartu berobat ulang. Oleh karena itu disarankan perlu diadakan pelatihan mengenai pelaksanaan standar operasional prosedur pendaftaran rawat jalan dan evaluasi dari kepala unit rekam medis terhadap pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan agar mutu pelayanan menjadi lebih baik. Kata kunci : TPPRJ, Evaluasi , Standar Operasional Prosedur
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Kesehatan |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 22 Sep 2016 14:53 |
Last Modified: | 22 Sep 2016 14:53 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/20321 |
Actions (login required)
View Item |