UDiNus Repository

COSTUMER PROFILING DARI PRODUK ASURANSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS MANHATTAN DISTANCE

NOVY, AMALIA (2016) COSTUMER PROFILING DARI PRODUK ASURANSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS MANHATTAN DISTANCE. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3775b) | Preview
    [img] Image (JPEG)
    Download (0b)
      [img]
      Preview
      PDF
      Download (617Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF
        Download (220Kb) | Preview
          [img]
          Preview
          PDF
          Download (743Kb) | Preview
            [img]
            Preview
            PDF
            Download (184Kb) | Preview
              [img]
              Preview
              PDF
              Download (173Kb) | Preview
                [img]
                Preview
                PDF
                Download (206Kb) | Preview
                  [img]
                  Preview
                  PDF
                  Download (170Kb) | Preview
                    [img]
                    Preview
                    PDF
                    Download (1908Kb) | Preview
                      [img]
                      Preview
                      PDF
                      Download (1157Kb) | Preview
                        [img]
                        Preview
                        PDF
                        Download (1157Kb) | Preview
                          [img]
                          Preview
                          PDF
                          Download (414Kb) | Preview
                            [img]
                            Preview
                            PDF
                            Download (937Kb) | Preview

                              Abstract

                              Pada dasarnya manusia tidak hanya membutuhkan kebutuhan primer yang harus mereka penuhi untuk keberlangsungan hidupnya. Akan tetapi manusia juga perlu untuk menjamin keamaan hidup mereka, kesehatan maupun permasalahan financial. Untuk mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Karena itu manusia membutuhkan asuransi, oleh karena itu perusahaan perlu sebuah cara untuk mengelompokkan pelanggan yang dikenal juga dengan istilah customer segmentation atau customer profiling. Pada penelitian ini digunakan metode klastering (Clustering) dengan algoritma K-Means Manhattan. Sebelum dilakukan pengolahan data, dilakukan proses normalisasi data, kemudian data diolah menjadi beberapa klaster. Data yang telah diklasterisasi tersebut menghasilkan kategori prediksi yang nantinya digunakan untuk acuan dalam proses costumer profiling. Dari laporan tugas akhir ini dihasilkan sebuah pengklusteran costumer profiling terhadap produk asuransi. Dengan adanya penelitian tersebut, perusahaan asuransi dapat mengetahui hasil costumer profiling dan dapat memberikan tindakan preventif.

                              Item Type: Article
                              Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
                              Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
                              Depositing User: Psi Udinus
                              Date Deposited: 04 May 2017 15:36
                              Last Modified: 04 May 2017 15:36
                              URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21886

                              Actions (login required)

                              View Item