YUNITA, WIDIANTARI FATIMAH (2017) STRATEGI TINDAK TUTUR AJAKAN MAHASISWA SASTRA JEPANG UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO. Skripsi,Fakultas Ilmu Budaya.
| PDF Download (3605b) | Preview | |
Image (JPEG) Download (0b) | ||
| PDF Download (857Kb) | Preview | |
| PDF Download (191Kb) | Preview | |
| PDF Download (352Kb) | Preview | |
| PDF Download (232Kb) | Preview | |
| PDF Download (312Kb) | Preview | |
| PDF Download (336Kb) | Preview | |
| PDF Download (249Kb) | Preview | |
| PDF Download (345Kb) | Preview | |
| PDF Download (599Kb) | Preview | |
| PDF Download (342Kb) | Preview | |
| PDF Download (673Kb) | Preview | |
| PDF Download (373Kb) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja wujud tuturan ajakan dan strategi ajakan dengan bahasa Jepang oleh mahasiswa Sastra Jepang Universitas Dian Nuswantoro. Pendekatan penelitian dilakukan dengan pendekatan pragmatik, karena penelitian ini membahas tentang tindak tutur langsung dan tidak langsung. Penelitian ini berkaitan dengan pragmatik lintas bahasa karena partisipan untuk memperoleh data merupakan pembelajar bahasa kedua atau bukan penutur asli bahasa jepang. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan teori strategi ajakan Blum Kkulka dan teori pendukung lainnya, kemudian hasil dipaparkan dengan metode kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan mahasiswa Sastra Jepang Udinus menggunakan tuturan ajakan tidak langsung berbasis penutur dan ajakan tidak langsung berbasis pendenga, dalam tuturan ajakan tidak langsung berbasis pendengar ditemukan tiga jenis tuturan berupa formula saran, kemungkinan dan kesediaan. Di dalam percakapan ajakan ditembukan rangkaian tindak tuturan yang dikategorikan ke dalam pra-invite, invite, dan post-invite.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Jepang Z Literatur, Sastra > Bahasa Jepang |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 16:09 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 16:09 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22691 |
Actions (login required)
View Item |