ADY, SAPUTRA KURNIAWAN (2012) Game Edukasi Pencernaan Sebagai Media Bantu Pelajaran Biologi SMA Kelas XI IPA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (4061b) | Preview |
Abstract
Dunia pendidikan mempunyai peranan yang penting dan strategis dalam mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dan bermutu. Pada jurusan IPA, Biologi merupakan mata pelajaran pokok yang harus dikuasai siswa. Materi pencernaan merupakan salah satu materi biologi yang sulit dipahami. Kesulitan dialami oleh siswa pada materi tersebut karena harus memahami enzim yang berperan dalam organ pencernaan dan reaksi pemecahan zat makanan. Pembuatan game edukasi pencernaan diharapkan bisa menjadi alternatif media pembelajaran bagi siswa sehingga siswa dapat tertarik dan lebih mudah untuk memahami. Teknologi informasi komputer yang berbasis multimedia, dapat menciptakan game edukasi sebagai alat bantu belajar yang bertujuan dapat mempermudah para siswa dalam memahami materi dapat secara maksimal. Pada game terdapat 3 jenis permainan yaitu puzzle, praktikum dan petualangan user dalam menjawab evaluasi. Metode penelitian yang dilakukan meliputi studi lapangan dan studi kepustakaan. Studi lapangan meliputi pengamatan langsung dan wawancara, sedangkan studi kepustakaan dilakukan dengan melakukan penelitian kepustakaan yang relevan dengan masalah tersebut . Media pembelajaran ini dapat membantu dalam belajar siswa untuk lebih memahami materi. Pada saat bermain game, pemain diajak untuk terlibat langsung dengan materi yang disisipkan di dalam game yaitu materi sistem pencernaan manusia.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 10 Oct 2014 16:42 |
Last Modified: | 19 Nov 2014 02:57 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/10677 |
Actions (login required)
View Item |