UDiNus Repository

PERANCANGAN KOMIK PETUALANGAN NEO RAMAYANA CHIBI UNTUK MENGENALKAN KONTEN BUDAYA LOKAL WAYANG KEPADA ANAK-ANAK DAN REMAJA

DIAN, PS AGUSTIN (2012) PERANCANGAN KOMIK PETUALANGAN NEO RAMAYANA CHIBI UNTUK MENGENALKAN KONTEN BUDAYA LOKAL WAYANG KEPADA ANAK-ANAK DAN REMAJA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3951b) | Preview

    Abstract

    Komik adalah media penyampaian nilai-nilai luhur yang cukup efektif bagi generasi muda saat ini, dimana komik dengan aliran manga cenderung digemari oleh generasi muda. Rendahnya minat dan kebanggaan anak Indonesia terhadap budaya lokal merupakan problema tersendiri bagi identitas bangsa. Karakter bergaya chibi yakni imut dan menggemaskan secara psikologis memberi pengaruh yang kuat bagi pembaca atas keterwakilan dirinya dari setiap karakter yang ada. Perancangan komik ini mengangkat karakter-karakter khas Indonesia dari cerita wayang, yaitu Ramayana. Sebuah sumber menjelaskan istilah wayang berasal dari kata Wo Yong, berarti bayang-bayang. Ramayana merupakan cerita wayang yang sering disampaikan dalam pagelaran wayang. Kemudian komik ini lebih menekankan konsep perencanaan dan penciptaan karakter dengan gaya chibi, disusun melalui proses observasi literatur tentang cerita rakyat dan mitologi Indonesia, supaya karakter chibi yang dibahas dalam komik ini sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan. Pada perancangan komik ini, menghasilkan sebuah komik bertema petualangan yang menceritakan tentang pertarungan Prabu Rama dan Hanoman melawan Rahwana di abad dua puluh satu.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 16:44
    Last Modified: 19 Nov 2014 01:31
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/10785

    Actions (login required)

    View Item