TAUFIQ, ANNAS (2012) Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Kampanye Hemat Air Dalam Berwudhu Di Kota Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Isu tentang “Go Green“saat ini semakin mendapat perhatian penting dari masyarakat dunia. Perhatian besar tentang bagaimana menyelamatkan lingkungan kita juga terdapat dalam penggunaan air secara bijak. Inti dari permasalahan krisis air dunia kadang ada pada gaya hidup, atau pemakaian yang berlebihan, yang terkadang tidak disadari. Contoh pemborosan, atau pemakaian air secara berlebihan terdapat dalam penggunaan air ketika mencuci baju, mandi, bahkan ketika wudhu. Indonesia dengan jumlah penduduk muslim terbesar dunia, ikut bertanggung jawab atas berkurangnya jumlah sumber air bersih yang ada. Karena umat Muslim menggunakan air untuk wudhu minimal 5 kali sehari. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah kampanye yang bertujuan untuk mengubah perilaku ummat muslim yang notabene ummat terbesar di Indonesia agar bisa menggunakan air secara hemat dalam berwudhu sehingga ikut melestarikan lingkungan. Perancangan Iklan Layanan Masyarakat hemat wudhu ini menggunakan pendekatan analisis 5W+1H dengan kesimpulan bahwa iklan layanan masyarkat ini dibutuhkan untuk memberikan informasi atau ajakan betapa pentingnya kita menghemat air ketika berwudhu agar dapat ikut melestarikan lingkungan. Hasil akhir dari kampanye iklan layanan masyarakat hemat wudhu ini berupa video yang penayangannya melalui TV local semarang karena target audiensnya adalah warga semarang pada khususnya. Selain media televisi, iklan layanan masyarakat ini juga menggunakan media pendukung lain seperti poster, kaos, pin, stiker, brosur, mini banner. Media pendukung tersebut dipilih karena tepat dijadikan sebuah kampanye kit. Kesimpulannya, bahwa kampanye yang bertujuan mengubah perilaku masyarakat tidak mudah. Oleh karena itu dibutuhkan strategi pesan dan media yang tepat, agar ajakan untuk mengubah perilaku pemborosan air ketika wudhu dapat efektif dan tepat sasaran.
Actions (login required)