RODIYANTI, (2012) SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUSKESMAS PADA PUSKESMAS WANADADI I KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Kepuasaan masyarakat akan pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas sangat dipengaruhi oleh kecepatan dan ketepatan dari para petugas dalam menangani pasien. Proses pelayanan yang masih menggunakan sistem pencatatan dan pelaporan dilakukan dengan cara manual serta belum terkoordinasi dengan baik karena kendala penyimpanannya yang tidak teratur hanya tersimpan dalam rak buku yang terlihat berantakan, sehingga ketika membutuhkan data yang sudah dilaporkan sering ada kendala data hilang atau rusak, selain itu dalam pelayanan pasien masih dilakukan secara manual yaitu data pasien yang datang dicari di dokumen arsip sehingga menyebabkan terlalu lama dalam pelayanan dan dapat menimbulkan antrian yang panjang hanya untuk mendaftar berobat.Dalam membantu berjalannya proses pelayanan maka dibutuhkan suatu manajemen puskesmas yang dapat digunakan untuk menyediakan informasi bagi pasien maupun pelayan kesehatan, serta dapat digunakan untuk pendukung pengambilan keputusan dalam menangani pasien agar dapat tercapai kesehatan bagi masyarakat atau pasien.Proses Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Pada Puskesmas Wanadadi I dimulai dengan menganalisis sistem yang berjalan pada Puskesmas Wanadadi I, kemudian mengidentifikasi permasalahan yang ada. Setelah diidentifikasi kemudian metode ysng di gunakan sistem informasi adalah SDLC.Sistem Informasi Manajemen Puskesmas di gunakan untuk mengidentifikasi proses pelayanan (pendaftaran, billing, transaksi) dan memudahkan manajemen pelayanan di Puskesmas Wanadadi I Kabupaten Banjarnegara.
Actions (login required)