RICKY, KRISMAWAN NIVO (2012) PERANCANGAN IKLAN KOMERSIAL HARIAN SUARA MERDEKA SEBAGAI PENDUKUNG UNTUK MEMENANGKAN PERSAINGAN DENGAN KORAN YANG SEJENIS DI JAWA TENGAH. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Harian Suara Merdeka merupakan salah satu koran pagi tertua di Jawa Tengah yang terbit setiap hari. Suara Merdeka menyajikan berbagai macam berita nasional maupun internasional sebagai contoh politik, ekonomi, bisnis, olah raga, hiburan, periklanan dan lain-lain. Kurun waktu 3 tahun ini Suara Merdeka mengalami penurunan omset penjualan hal ini dikarenakan munculnya koran-koran pesaing seperti Radar Semarang, Warta Jateng dan lain-lain yang menjual informasi yang tidak kalah lengkap, update dan murah. Ditambah kini juga muncul media informasi elektronik yang semakin memudahkan masyarakat dalam memperoleh berita. Salah satu cara dalam mempromosikan Suara Merdeka yaitu dengan membuat iklan yang berbeda dari iklan sebelumnya dan menambah media promosi lainnya. Dalam iklan Suara Merdeka ini akan menyajikan informasi yang mengajak masyarakat untuk membeli dengan cara membuat iklan yang berhubungan dengan keseharian pada saat membaca koran sehingga pesan dapat mudah tersampaikan ke khalayak luas. Metode yang digunakan dalam perancangan ini yaitu kualitatif. Iklan Suara Merdeka yang baru berbentuk iklan baliho, poster, iklan majalah dan visual merchandise yaitu topi, pin, stiker, tas, serta kalender. Melalui pemilihan media-media tersebut, iklan dapat terdistribusikan dengan baik ke masyarakat khususnya wilayah Jawa Tengah. Namun iklan yang sudah dibuat sebanyak 40% responden yang telah disurvey tidak menyukai beberapa layoutnya. Sehingga kesan iklan yang dibuat tidak sempurna. maka dari itu dibutuhkan sebuah evaluasi untuk pembuatan iklan ke depannya.
Actions (login required)