UDiNus Repository

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK INVITASI CALON PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN COMPARATIVE PERFORMANCE INDEX

ARDIAN, BAHTIARSYAH (2012) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK INVITASI CALON PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN COMPARATIVE PERFORMANCE INDEX. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Ketika suatu perusahaan membuka suatu lowongan pekerjaan, maka perusahaan tersebut harus mengeluarkan berbagai cost, seperti tenaga, waktu, dan juga biaya. Cost tersebut akan dikeluarkan selama proses perekrutan dan tidak semua peserta lowongan pekerjaan akan diterima sebagai bagian dari perusahaan karena perusahaan memiliki target kriteria dan perusahaan akan memilih siapa saja yang memenuhi kriteria tersebut. Sebagai bahan pertimbangan awal, dalam hal ini seleksi administratif yang bertujuan melakukan cut off jumlah pelamar, maka suatu invitasi yang dikirim kepada pihak-pihak yang mendapat rekomendasi untuk menjadi bagian dari perusahaan dapat dijadikan salah satu solusi bagaimana cara perusahaan maupun instansi tersebut memperoleh calon pegawainya tanpa harus mempublikasikan lowongan pekerjaan. Untuk mendapat rekomendasi tersebut, maka kriteria-kriteria harus dipenuhi. Sebagai freshgraduate sarjana teknik informatika, dimana lulusan program studi tersebut banyak dicari, untuk mendapatkan suatu rekomendasi bekerja pada suatu perusahaan maka kriteria yang dapat diperhitungkan adalah prestasi-prestasi dari sarjana tersebut. Suatu sistem harus menampung semua aset yang dimiliki oleh sarjana dan sistem akan memberi keputusan untuk menentukan siapa yang berhak mendapat rekomendasi (prestasi tertinggi) berdasarkan prioritas kriteria yang ditentukan oleh perusahaan. Dalam penelitian ini akan membahas sistem pendukung keputusan dengan metode anlytical hierarchy process dan comparative performance index untuk menentukan rangking prestasi lulusan sarjana teknik informatika sehingga perusahaan maupun instansi dapat dengan mudah mengetahui kepada siapa invitasi lowongan pekerjaan seharusnya ditujukan.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:03
    Last Modified: 18 Nov 2014 16:19
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11422

    Actions (login required)

    View Item