UDiNus Repository

ANALISIS DAN PERANCANGAN VIRTUAL PAGELARAN WAYANG KULIT MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPING SEBAGAI MEDIA DOKUMENTASI DAN PUBLIKASI PAGELARAN WAYANG KULIT

A., RISANG PROBO (2012) ANALISIS DAN PERANCANGAN VIRTUAL PAGELARAN WAYANG KULIT MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPING SEBAGAI MEDIA DOKUMENTASI DAN PUBLIKASI PAGELARAN WAYANG KULIT. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3874b) | Preview

    Abstract

    Wayang kulit adalah salah satu seni pertunjukan yang berasal dari india, yang dibawa bersama agama Hindu ke Indonesia. Kata wayang berasal dari kata "wewa yangan" yang artinya bayangan serta cerita wayang bersumber pada kitab Ramayana dan Mahabarata. Namun untuk saat ini frekuensi kemunculan pertunjukan pagelaran wayang kulit semakin berkurang, dikarenakan untuk melengkapi pertunjukan pagelaran wayang semalam mebutuhkan banyak hal yang harus dipersiapkan dan mahal dalam satu kali pertunjukan. Dengan kondisi seperti itu perlu solusi, yaitu dengan membuat sebuah aplikasi yang sesuai dengan konsep nyata pertunjukan pagelaran wayang kulit dengan menggunakan metode prototype untuk pengembangan system dan metode pakem pagelaran untuk konsep rekayasa cerita pada Virtual Pagelaran wayang kulit. Virtual Pagelaran wayang kulit ini terwujud berkat kolaborasi antara HTML5 dan CSS3 serta Jquery Glimmer sebagai scenario cerita pagelaran wayang kulit. Terwujudnya aplikasi virtual pagelaran wayang kulit ini sebagai media dokumentasi dan publikasi pagelaran wayang kulit ke masyarakat guna menarik kembali minat masyarakat terhadap pertunjukan pagelaran wayang kulit serta menjaga eksistensinya

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:06
    Last Modified: 18 Nov 2014 14:19
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11544

    Actions (login required)

    View Item