FONNY, MAYASARI (2013) Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Sebagai Penyadaran Rasa Kepedulian Pada Panti Asuhan Al-Rifdah Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Rasa adalah apa yang dialami oleh hati/ batin terhadap sesuatu, sedangkan peduli adalah suatu bentuk perhatian yang diberikan seseorang kepada orang lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rasa kepedulian adalah apa yang dialami oleh hati/ batin untuk memberikan perhatian kepada orang lain. Kurangnya rasa kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan semakin terasa dari hari ke hari, dimana masyarakat sekarang lebih cenderung bersifat individual. Panti Asuhan Al-Rifdah adalah sebuah panti asuhan yang menampung anak-anak cacat ganda. Anak-anak cacat ganda adalah anak-anak yang mempunyai kelainan mental, tingkah laku yang dibarengi dengan cacat fisik. Perancangan ini bertujuan untuk merancang desain Iklan Layanan Masyarakat yang efektif dan komunikatif, sehingga menarik perhatian target audien yang peduli terhadap sesama yang membutuhkan. Hasil perancangan ini adalah suatu bentuk Iklan Layanan Masyarakat menggunakan media poster, spanduk, x-banner, flyer, brosur, kalender, uniform, stationery, car branding, dan umbul-umbul. Iklan tersebut memiliki target khalayak sasaran yaitu masyarakat kota Semarang, pria dan wanita yang berusia 17-50 tahun, telah bekerja, memiliki rasa sosial yang tinggi dengan tingkat ekonomi menengah ke atas. Dengan adanya perancangan ini diharapkan pesan dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat kota Semarang, serta dapat memberikan penyadaran rasa kepedulian masyarakat kepada Panti Asuhan Al-Rifdah.
Actions (login required)