MUHAMMAD, QORI` (2013) PERANCANGAN MEDIA PROMOSI INTERNATIONAL BATIK CENTER (IBC) PEKALONGAN. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
International Batik Center (IBC) merupakan sentra pemasaran produk-produk batik khas Pekalongan yang dibangun di area seluas 4 Ha bekas pabrik tekstil PT.Gunatex, Jl. Ahmad Yani 534 Wiradesa, Kabupaten Pekalongan. Terdapat 500 kios dari total 700 kios dengan berbagai ukuran telah ditempati para Pengusaha batik dari berbagai daerah di Pekalongan. Dengan fisik bangunan modern dan fasilitas penunjang yang lengkap membuat IBC dapat dijadikan pilihan utama berbelanja batik di Kabupaten Pekalongan. Sayangnya keberadaan IBC yang resmi dibuka dalam acara grand opening tanggal 3 Maret 2012 ini masih sepi dari pengunjung baik lokal maupun wisatawan dari daerah lain.Masyarakat kurang begitu mengenal dan tahu keberadaan IBC karena letaknya yang berada di Kabupaten, sedangkan bagi masyarakat batik identik dengan Kota Pekalongan. Hal ini dikarenakan kegiatan promosi dilakukan hanya wilayah kabupaten Pekalongan.Tujuan dari perancangan ini adalah membuat iklan komersial untuk memperkenalkan International Batik Center (IBC) Pekalongan dengan mempertimbangkan kelebihan IBC dibanding dengan kompetitor yang ada menggunakan alisis SWOT ( Stregths, Weaknesses, Opportunities, Threats ) yang kemudian dilanjutkan membuat suatu konsep perancangan. Secara komprehensif perancangan initerdiri dari beberapa media terpilih antara lain Billboard, Iklan poster majalah, e-banner dan spanduk. serta media pendukung kegiatan promosi seperti paper bag, label produk, leaflet, x-banner,coorporatestationary, dan merchandise.
Actions (login required)