UDiNus Repository

PERANCANGAN MEDIA VISUAL INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA KAMPANYE IKLAN LAYANAN MASYARAKAT UNTUK MENGENALKAN PENGETAHUAN DASAR TOKOH WAYANG PANDAWA LIMA

MAYA, SARI KARTIKA (2013) PERANCANGAN MEDIA VISUAL INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA KAMPANYE IKLAN LAYANAN MASYARAKAT UNTUK MENGENALKAN PENGETAHUAN DASAR TOKOH WAYANG PANDAWA LIMA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Indonesia adalah negara dengan beraneka ragam kebudayaan. Salah satunya adalah kesenian Wayang Kulit. Saat ini, popularitas wayang kulit pada anak usia sekolah dasar menurun karena adanya budaya pop dari luar negeri dalam wujud kartun superhero. Untuk melestarikan kebudayaan tersebut, maka Dinas Pendidikan mengadakan sosialisasi Pengenalan Dasar wayang untuk anak sekolah dasar. Sosialisasi tersebut dilakukan di dalam kelas, pada saat mata pelajaran muatan lokal berlangsung. Pembelajaran mengenai wayang telah tertulis pada Kurikulum Muatan Lokal yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan yang dibuat dengan keputusan Gubernur Jawa Tengah nomor 423.5/5/2010. Namun, pembelajaran tersebut tampak kurang efektif karena tidak tersedianya media yang memadai untuk melakukan pembelajaran. Kampanye Iklan Layanan Masyarakat untuk mengenalkan tokoh wayang terasa tidak berarti tanpa adanya media yang memadai untuk anak mempelajari wayang. Karena nantinya kampanye tanpa media yang tepat seakan hanya meminta anak untuk belajar, namun sia-sia karena tidak adanya media belajar untuk mereka mempelajari wayang. Karena itulah perancangan ini dibuat untuk membantu sosialisasi wayang terasa lebih menarik dengan adanya sebuah media sosialisasi berbentuk media visual interaktif . Media Visual Interaktif ini diwujudkan dalam bentuk pop-up. Bentuk media sosialisasi yang baru ini, diharapkan membawa warna baru bagi sosialisasi anak sekolah dasar usia 9-11 tahun dan mampu menarik perhatian mereka untuk mempelajari dan melestarikan wayang di Indonesia.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:19
    Last Modified: 18 Nov 2014 00:31
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12053

    Actions (login required)

    View Item