OLIVIA, KRISTANTI (2013) Aplikasi Untuk Menentukan Gaya Belajar Siswa. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (3873b) | Preview |
Abstract
Karakteristik siswa dapat diidentifikasi dari kemampuan awal siswa, latar belakang budaya siswa, pengalaman belajar siswa, gaya belajar siswa, dan sebagainya. Tetapi banyak siswa yang tidak tahu atau tidak peduli mengenai gaya belajar mereka, padahal dengan memahami gaya belajar, mereka dapat menemukan metode yang paling tepat mengenai bagaimana cara belajar yang baik dan tepat, sehingga akan diperoleh hasil yang optimal. Penelitian ini bertujuan membangun sebuah aplikasi berbasis komputerisasi sebagai alat bantu mempermudah seseorang menentukan gaya belajar mereka, sehingga dapat diperoleh solusi yang tepat dalam menunjang cara belajar siswa sesuai dengan gaya belajarnya. Metode yang digunakan logika Fuzzy. Dari hasil diketahui bahwa gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik saling berhubungan. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan adalah siswa siswa SMP Kristen Tri Tunggal Semarang yang dikelompokkan dalam kelas Ealges-7 dan Joy-8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kelas Eagles-7 terdapat 27% siswa yang memiliki gaya belajar visual, 19% siswa gaya visual-auditori, 4% siswa gaya visual-kinestetik, 23% siswa gaya auditori dan 27% siswa gaya belajar kinestetik . Sedangkan untuk kelas Joy-8 , 35% siswa gaya visual, 8% siswa gaya visual – kinestetik, 42% siswa gaya auditori, 4% siswa gaya auditori - kinestetik dan 11% siswa gaya kinestetik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 10 Oct 2014 17:22 |
Last Modified: | 17 Nov 2014 22:10 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12148 |
Actions (login required)
View Item |