UDiNus Repository

Game 2D Warak Ngendhog sebagai Simbol Perpaduan Etnis Jawa, Cina, Arab Kota Semarang

SUSI, SISWATI (2013) Game 2D Warak Ngendhog sebagai Simbol Perpaduan Etnis Jawa, Cina, Arab Kota Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (339Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3853b) | Preview

      Abstract

      Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai keragaman budaya. Setiap daerah di Indonesia memiliki suku, budaya, bahasa yang berbeda satu dengan yang lain dan Bhineka Tunggal Ika yang menjadi semboyan pemersatu bangsa. Warak Ngendhog merupakan salah satu budaya lokal di Semarang yang merupakan simbolisasi yang mencerminkan akulturasi budaya masyarakat Semarang yang multi etnis: Jawa, Cina, Arab. Warak Ngendhog juga menjadi personifikasi masyarakat Semarang dan menjadi ikon kota Semarang. Ada banyak cara untuk mengenalkan budaya Indonesia, di antaranya melalui sebuah media permainan digital atau disebut dengan game. Salah satu jenis game yaitu game edukasi yang dapat berbentuk 2D atau 3D. Game edukasi adalah game yang menyisipkan unsur-unsur ilmu pengetahuan di dalamnya. Game edukasi ini berbentuk 2D karena lebih mudah digunakan dan tidak membutuhkan spesifikasi khusus pada komputer. Dalam proses pembuatannya, game edukasi ini dibuat menggunakan perangkat lunak Adobe Flash CS3, CorelDraw X4, dan Adobe Audition 2.0. Hasil dari pembuatan game edukasi ini adalah sebuah game 2D yang berjudul Mencari Warak Ngendhog, berbasis aplikasi personal komputer yang mengangkat materi tentang Warak Ngendhog sebagai simbol perpaduan Etnis Jawa, Cina, Arab Kota Semarang.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika - D3
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:23
      Last Modified: 17 Nov 2014 21:17
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12184

      Actions (login required)

      View Item