AVRIYASENDY, RAMADIYAN (2013) Prototipe Augmented Reality Untuk Mengenalkan Gamelan Berbasis Web. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (595Kb) | Preview | |
| PDF Download (3794b) | Preview |
Abstract
Gamelan adalah seperangkat alat musik yang digunakan untuk mengiringi sebuah pertunjukan kesenian atau upacara yang berasal dari Jawa , Bali dan Lombok. Gamelan merupakan kumpulan alat-alat yang dimana alat tersebut memiliki hubungan saling ketergantungan. Seperti posisi kendhang yang digunakan untuk mengatur tempo jalannya sebuah pertunjukan kemudian alat-alat balungan seperti saron barung, demung, saron penerus, slenthem yang berfungsi untuk menjelaskan beat dan pokok dari sebuah pertunjukan. Lalu ada gong yang berfungsi untuk menjelaskan atau memberi peringatan kepada pemain gamelan waktu mulai dan waktu mengakhiri pertunjukan . Augmented Reality yang kemudian disingkat menjadi AR adalah sebuah tekhnologi yang memungkinkan komputer untuk menampilkan objek virtual secara tepat di sebuah objek nyata secara real time. AR ini dapat dimanfaatkan untuk mengiklankan produk atau jasa seseorang atau sebuah perusahaan. Dengan sampel prototype demung, diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengenalkan gamelan kepada khalayak umum. Menggunakan bahasa pemrograman javaScript diharapkan prototype ini akan menjadi lebih fleksibel dan dapat diakses oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 10 Oct 2014 17:24 |
Last Modified: | 17 Nov 2014 20:51 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12201 |
Actions (login required)
View Item |