UDiNus Repository

Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Sebagai Upaya Mendukung Program Revitalisasi Nilai Budaya kota Pekalongan Melalui Kesenian Sintren untuk Anak Sekolah dasar

SAFIRA, ALIDA NUR (2013) Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Sebagai Upaya Mendukung Program Revitalisasi Nilai Budaya kota Pekalongan Melalui Kesenian Sintren untuk Anak Sekolah dasar. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Salah satu bentuk dari budaya lokal di Kota Pekalongan adalah Kesenian Sintren. Sintren termasuk ke dalam teater rakyat tradisional yang penuh dengan daya magis dan secara singkat membahas pola pertunjukan dari pembukaan sampai penutupan. Pembukaan, Sintren dimasukkan ke dalam kurungan, setelah kurungan dibuka Sintren sudah berpakaian lengkap kemudian menari - nari dengan luwesnya. Penutupnya, Sintren yang sudah menari - nari di tutup kembali dengan kurungan setelah dibuka Sintren sudah berpenampilan seperti biasa lagi. Kota Pekalongan sebagai asal mula kesenian Sintren saat ini sedang mengalami dilema. Di satu sisi karena pengaruh globalisasi anak - anak cenderung lebih menyukai budaya asing daripada mengenal budaya lokal sendiri. Sebagai contoh tayangan-tayangan di televisi lebih di dominasi oleh negara asing. Berbagai lapisan masyarakat, mulai dari anak - anak, remaja, hingga dewasa ikut menggemarinya. Mereka lebih sering dimanjakan dengan sesuatu yang serba modern, canggih, dan instan. Bahkan anak jaman sekarang tekesan kurang paham mengenai kesenian lokal. Di sisi lain sintren asli yang mengandung unsur magis dan religi telah ditinggalkan penggemarnya karena di anggap kuno dan hanya digemari oleh golongan tua saja. Apabila anak - anak sejak dini tidak dikenalkan pada budaya lokal mereka, maka budaya lokal akan lebih cepat hilang dan kalah saing dengan budaya asing. Maka perlu adanya pengenalan Kesenian Sintren yang dikembangkan dalam Iklan Layanan Masyarakat yang menarik dan menampilkan unsur - unsur modern. Media utama yang dipilih adalah buku cerita bergambar yang mampu memperkenalkan Kesenia Sintren. Dengan adanya perancangan ini diharapkan pengenalan Kesenian Sintren ini dapat tersampaikan dengan baik.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:32
    Last Modified: 17 Nov 2014 04:00
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12457

    Actions (login required)

    View Item