UDiNus Repository

PERANCANGAN MEDIA PROMOSI BATIK TULIS BAKARAN `PUTRI KOTA GARAM` DALAM RANGKA EVENT PEKAN BATIK INTERNASIONAL 2013 PEKALONGAN

PURWANING, MEGAWATI WAHYU (2013) PERANCANGAN MEDIA PROMOSI BATIK TULIS BAKARAN `PUTRI KOTA GARAM` DALAM RANGKA EVENT PEKAN BATIK INTERNASIONAL 2013 PEKALONGAN. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Batik Tulis Bakaran 'Putri Kota Garam' merupakan salah satu UKM yang bergerak dibidang produksi batik tulis bakaran. Perancangan yang dilakukan adalah merancang media promosi yang tepat segmentasi dan efektif kepada pengunjung Pekan Batik Internasional. Kurang beragamnya media promosi yang digunakan serta ingin memperkenalkan UKMnya lebih luas lagi dengan cara mengikuti event Pekan Batik Nasional menjadi alasan perancangan ini. Event Pekan Batik merupakan kegiatan pameran batik tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah kota Pekalongan yang merupakan salah satu central batik di Indonesia, dengan periodesasi tahun genap untuk bentuk Pekan Batik Nusantara (PBN-Nasional) dan Tahun Ganjil untuk bentuk Pekan Batik Internasional (PBI- Pekalongan Batik-Week International). Dalam merancang media-media promosi ini tentu saja perlu mengetahui segmentasi pasar saat pameran dari berbagai aspek. Sehingga media-media promosi yang akan di gunakan dapat mengenai sasaran secara tepat dan audien tidak kesulitan dalam memahami informasi yang di sampaikan dalam media-media promosi yang digunakan. Metode pengumpulan data yang dipergunakan dalam perancangan ini adalah data primer yang meliputi wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder menggunakan metode kepustakaan, internet dan dokumentasi. Perancangan media promosi ini dilakukan melalui perancangan yang efektif menggunakan SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats) sebagai alat penetapan strategi kreatif dan marketing agar hasilnya sesuai dengan karakteristik pasar. Untuk menunjang promosi saat mengikuti pameran dibutuhkan sebuah media promosi. Media-media promosi yang akan digunakan dalam perancangan ini adalah Web, Media Sosial, X-banner, Brosur, Poster, Stationery Set, Kemasan, Paper Bag, Merchandise. Melalui perancangan media promosi ini diharapkan masyarakat dapat mengetahui batik 'Putri Kota Garam' pada saat Pekan Batik Internasional dan tergerak untuk melakukan tindakan (pembelian).

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:33
    Last Modified: 17 Nov 2014 02:28
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12510

    Actions (login required)

    View Item