MUHAMAD, WALUYA SATRIA (2013) Perancangan Graphic Novel Sepatu Dahlan. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Novel merupakan jenis buku yang menarik untuk dibaca, baik itu novel lokal maupun novel asal luar.Banyak cerita yang tercantum dalam novel, ada yang membuat bahagia ataupun menyebabkan keharuan dalam membacanya.Namun secara umum tak banyak orang yang suka membaca novel, khususnyabagikalangan anak muda.Karena bagi sebagian besar kalangan anak muda beranggapan membaca novel itu adalah membosankan.Anak muda lebih menyukai buku yang memiliki banyak ilustrasi seperti komik, dari pada hanya narasi seperti novel.Oleh karena itu penulis merasa perlu untuk menciptakan Perancangan Novel Grafis Sepatu Dahlan ini, karena buku asli novel sepatu dahlan itu sendiri adalah novel yang inspiratif dan banyak memberi banyak nilai moril positif bagi pembaca, terlebih bagi anak muda agar tetap berusaha dan pantang menyerah dalam mengejar cita-cita. Diharapkan dengan adanya versi novel grafis sepatu dahlan ini dapat lebih diminati anak muda, serta isi pesan dari novel ini dapat tersampaikan dengan baik kepada anak muda dengan cara lebih kreatif dan variatif. Metodologi perancangan yang digunakan dalam perancangan novel grafis ini ini yaitu metodologi penelitian kualitatif dimana suatu proses penelitian dan pemahaman yang berdasarkan pada metodologi yang menyelidiki suatu fenomena sosialdanmasalah manusia,dimana metode pengumpulan datanya dengan cara wawancara dan observasi.Hasil dari perancangan ILM ini berupa poster, iklan web, kaos,kalender, x-banner, banner internet, iklan surat kabar, dan iklan di majalah/tabloid. Keseluruhan hasil yang dicapai diharapkan agar pesan yang terdapat dalam perancangan novel grafis sepatu dahlan ini dapat tersampaikan kepada khalayak umum khususnya anak muda.
Actions (login required)