UDiNus Repository

Visualisasi Pembelajaran Batik Kawung dengan Pendekatan Metode Inkuiri pada Pendidikan Anak Usia Dini

DAVID, MAULANA (2013) Visualisasi Pembelajaran Batik Kawung dengan Pendekatan Metode Inkuiri pada Pendidikan Anak Usia Dini. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Budaya Nasional Indonesia adalah budaya yang dihasilkan oleh bangsa indonesia sejak zaman dahulu hingga kini sebagai suatu karya yang dibanggakan yang memiliki kekhasan bangsa Indonesia dan menciptakan jati diri dan identitas bangsa indonesia yang kuat kesadaran itu dituangkan dalam UUD 1945 pasal 32 yang berbunyi : “Pemerintah memajukan kebudayaan nasional Indonesia”. Batik merupakan identitas bangsa negara kesatuan republik indonesia yang harus dilindungi. Pada puncaknya pada tanggal 2 oktober, 2009 Batik indonesia akhirnya dikukuhkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Maka dari itulah kita harus melestarikan batik yaitu dengan mengenalkannnya sejak dini. Pada masa usia dini merupakan masa-masa yang sangat penting untuk anak sebagai masa kembang untuk belajar yang sangat baik. Dalam proses pembelajaran harus didukung dengan metode pembelajaran serta inovasi kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak. Komputer tidak lagi hanya dikenal sebagai perangkat bantu kerja atau hiburan saja tetapi telah berkembang menjadi perangkat bantu dalam sistem pembelajaran, salah satunya adalah CAI(Computer Assisted Instruction), Istilah ini menggambarkan bahwa komputer digunakan hanya sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Penulis menggunakan Metode inkuiri adalah suatu metode pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu permasalahan yang dipertanyakan. penulis menggunakan metode inkuiri terpimpin. masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana membuat anak-anak tertarik belajar mengenal batik dan tidak membosankan dan membahayakan bagi siswa Taman Kanak-kanak.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membuat anak-anak menjadi tertarik untuk mempelajari batik dengan mudah dalam bentuk visualisasi dan dengan gaya pembelajaran labih menarik untuk siswa Taman Kanak-kanak.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:40
    Last Modified: 16 Nov 2014 19:44
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12739

    Actions (login required)

    View Item