SEPTIAN, HARISMONO HENDRA (2013) penerapan contour analysis pada game anagram. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (3659b) | Preview |
Abstract
Pengenalan pola pada kecerdasan buatan merupakan salah satu ilmu yang sedang mengalami perkembangan pada saat ini. Pengnalan pola dapat digunakan untuk mengenali wajah, tulisan tangan, huruf dll. Contour analysis merupakan salah satu cara untuk melakukan pengenalan pola tersebut. Anagram merupakan salah satu permainan acak huruf atau kata yang cukup sulit untuk diselesaikan. Maka dari itu contour analysis digunakan untuk membantu menyelesaikan dari permainan tersebut. Beberapa penelitian telah menghasilkan bahwa contour analysis dapat dipergunakan untuk mengenali huruf. Pada penelitian ini contour analysis akan digunakan untuk membantu menyelesaikan game anagram dengan nama hewan yang hidup di darat dan berdasarkan dari kamus besar bahasa indonesia agar lebih cepat terselesaikan. Tahapan penelitian yang digunakan menggunakan algoritma freeman chain code. Dimana proses pengenalannya dimulai dari persiapan kerangka objek yang akan dikenali, setelah kerangka siap maka kerangka tersebut akan menjadi landasan pengenalan objek pada pengenalan sebuah gambar. Setelah objek berhasil dikenali, maka gambar atau tulisan tersebut akan dikompare dengan data yang yang ada dalam database, dari semua huruf yang ada ketika sudah ditemukan maka akan menampilkan hewan apa yang dimaksud.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 10 Oct 2014 17:42 |
Last Modified: | 16 Nov 2014 17:52 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12796 |
Actions (login required)
View Item |