RAHMADI, PRATAMA (2014) PERANCANGAN PROMOSI WISATA KULINER KUDUS. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Kabupaten Kudus merupakan tempat tujuan wisata spiritual bagi masyarakat yang beragama Islam karena disana terdapat makam dua tokoh agama yang berjasa dalam penyebaran agama Islam di tanah Jawa yaitu Sunan Kudus dan Sunan Muria, akan tetapi selain objek wisata spiritual, objek wisata yang lain justru kurang diminati oleh wisatawan. Disisi lain, wisatawan cenderung datang ke Kabupaten Kudus untuk menikmati makanan khasnya, kondisi tersebut dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan pariwisata yang ada di Kudus secara keseluruhan, yang pada pelaksanaannya menggunakan pendekatan promosi makanan khasnya sebagai daya tarik wisata bagi wisatawan untuk berwisata kuliner ke Kabupaten Kudus. Tujuan dari perancangan ini adalah membuat iklan komersial agar makanan khas Kudus dapat menjadi daya tarik wisata, dan Kabupaten Kudus sebagai tempat tujuan wisata kuliner bagi masyarakat Jawa Tengah dengan menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) yang kemudian dilanjutkan dengan pembuatan konsep perancangan. Secara komprehensif perancangan ini terdiri dari media interaktif makanan khas Kudus, brosur, poster, billboard, neon box, car branding, iklan koran, roll up banner, kalender poster, tempat tissue, polo shirt, sticker, tote bag, dan gantungan kunci.
Actions (login required)