UDiNus Repository

VISUALISASI TUNTUNAN SHOLAT UNTUK TUNA RUNGU BERBASIS MEDIA INTERAKTIF

DHIKA, PUSPITA MALITA (2014) VISUALISASI TUNTUNAN SHOLAT UNTUK TUNA RUNGU BERBASIS MEDIA INTERAKTIF. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (472Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3999b) | Preview

      Abstract

      Salah satu materi dalam pendidikan adalah Sholat karena Sholat merupakan salah satu dari lima rukun Islam sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rasulullah SAW yang wajib dilakukan oleh semua umatnya. Salah satu pendukung atau alat bantu media pembelajaran pendidikan untuk difabel khususnya tuna rungu adalah visualisasi berbasis media interaktif yang memiliki keunggulan dalam hal interaksi yang mudah dipahami. Dalam Tugas Akhir ini media pembelajaran yang di bangun adalah visualisasi tuntunan sholat untuk tuna rungu berbasis media interaktif yang di harapkan dapat memberikan pemahaman kepada anak Tuna Rungu untuk memahami tata cara sholat yang baik dan memberikan motivasi belajar kepada siswa. Visualisasi media interaktif ini di kembangkan menggunakan metode Pengembangan Media Interaktif diantaranya Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing dan Distribution. Hasil dari Kuisioner yang di berikan kepada responden yaitu anak-anak tuna rungu tingkat SD menunjukkan bahwa visualisasi tuntunan sholat berbasis media interaktif ini memberikan pemahaman serta memotivasi siswa dalam belajar karena dari materi yang di sampaikan memberikan visualisasi gerak animasi dengan video komunikasi bahasa isyarat yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa tuna rungu serta di tambah dengan latihan soal yang lebih memberikan pemahaman.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:53
      Last Modified: 16 Nov 2014 07:12
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13128

      Actions (login required)

      View Item