UDiNus Repository

AKSELERASI K-MEANS CLUSTERING DENGAN COMPUTE UNIFIED DEVICE ARCHITECTURE (CUDA) (Studi Kasus pada SMA ISLAM HIDAYATULLAH)

WAHYU, GUSTA CEPTA (2014) AKSELERASI K-MEANS CLUSTERING DENGAN COMPUTE UNIFIED DEVICE ARCHITECTURE (CUDA) (Studi Kasus pada SMA ISLAM HIDAYATULLAH). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (177Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3604b) | Preview

      Abstract

      Algoritma K-means merupakan salah satu algoritma klasterisasi unsupervised learning yang dapat digunakan untuk menyelesaikan beberapa masalah seperti strategi marketing, penentuan kriteria penerima beasiswa, mengelompokkan dokumen hingga identifikasi nomor kendaraan. Waktu proses komputasi dari algoritma k-means sekuensial relatif tinggi pada saat eksekusi. Hal ini dikarenakan proses komputasi dijalankan sesuai urutan tertentu sebelum proses komputasi berikutnya. Untuk meningkatkan performa algoritma k-means sekuensial tersebut, maka diusulkan paralelisasi terhadap algoritma k-means untuk mengakselerasi respon time dari komputasi algoritma k-means sekuensial. Disisi lain kemampuan GPU dapat dimanfaatkan untuk komputasi paralel. Sehingga paralelisasi algoritma k-means ini dapat diimplementasikan dengan memanfaatkan ribuan core pada GPU.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:57
      Last Modified: 16 Nov 2014 01:55
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13272

      Actions (login required)

      View Item