UDiNus Repository

Analisa Perbandingan Penerimaan Sistem Operasi BlackBerry dan Sistem Operasi Android oleh Pengguna Dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM)

ADHITYA, PRATAMA RIZKY (2014) Analisa Perbandingan Penerimaan Sistem Operasi BlackBerry dan Sistem Operasi Android oleh Pengguna Dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (605Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4037b) | Preview

      Abstract

      ABSTRAK Penelitian ini digunakan untuk melihat sejauh mana sistem operasi Blackberry dan Android bisa diterima oleh pengguna dan apakah faktor kemudahan serta faktor manfaat berpengaruh terhadap sikap pengguna terhadap suatu teknologi (dalam hal ini adalah teknologi smartphone). Smartphone yang dibandingkan dalam penelitian ini adalah smartphone samsung dengan sistem operasi android dan smartphone blackberry dengan sistem blackberry. Metode TAM adalah metode yang digunakan untuk melihat bagaimana suatu teknologi dapat diterima oleh pengguna, dilihat dari 2 faktor yaitu kemudahan dan manfaat. Dalam mengumpulkan data selain melakukan pengamatan, studi pustaka, penulis juga menyebarkan kuesioner kepada pengguna dari kedua smartphone yang penulis bandingkan agar mendapat informasi yang lebih akurat dan objektif. Menggunakan teknik random sampling.Dari hasil yang diperoleh penulis, menunjukkan bahwa secara PERFORMANSI (fitur dan kemampuan) sebuah smartphone, ponsel cerdas Samsung dengan sistem operasi android lebih unggul daripada smartphone blackberry. Namun sesuai dengan metode TAM yang penulis gunakan untuk membandingkan, terbukti bahwa dilihat dari faktor kemudahan dan manfaat, Smartphone BlackBerry lebih dapat diterima oleh masyarakat dengan pengaruh sebesar 64,7% dan 47,9%. Dibandingkan dengan penerimaan user terhadap smartphone Android berdasarkan faktor kemudahan dan manfaat hanya berpengaruh sebesar 22,1% dan 41,8%

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 18:02
      Last Modified: 15 Nov 2014 21:20
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13401

      Actions (login required)

      View Item