UDiNus Repository

PERANCANGAN SISTEM ELECTRONIC USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (E-UMKM) BERBASIS WEB DENGAN MENERAPKAN E-COMMERCE DAN JEJARING UMKM STUDI KASUS UMKM TEKSTIL DI KOTA SOLO

GIYAN, WULANDARI AYU (2014) PERANCANGAN SISTEM ELECTRONIC USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (E-UMKM) BERBASIS WEB DENGAN MENERAPKAN E-COMMERCE DAN JEJARING UMKM STUDI KASUS UMKM TEKSTIL DI KOTA SOLO. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Promosi, transaksi jual beli, pengelolaan mitra Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Tekstil dan informasi kegiatan Sistem Inovasi Daerah di Surakarta masih banyak dilakukan secara konvensional.Meski sebagian sudah menggunakan internet untuk promosi dan transaksi jual beli, namun belum ada sistem informasi khusus yang menangani kegiatan-kegiatan UMKM tersebut dalam satu wadah.Promosi dan transaksi yang menggunakan internet, umumnya menggunakan media sosial.Hal tersebut banyak menimbulkan masalah, seperti masalah penipuan usaha, penipuan produk, dan bahkan penipuan pembayaran. Hal ini akan mengakibatkan ketidakpercayaan masyarakat terhadap UMKM. Dampaknya UMKM yang merupakan salah satu penghasil pendapatan daerah akan gulung tikar, dan menambah jumlah pengangguran. Hal tersebut akan mengakibatkan pendapatan daerah menurun, dan tingkat kemiskinan yang semakin bertambah. Dari permasalahan diatas maka penulis mengembangkan suatu sistem untuk melaksanakan promosi dan transaksi jual beli UMKM Tekstil Kota Solo yang memanfaatkan teknologi informasi yang disebut Elektronic UMKM(e-UMKM) dengan menerapkan E-commerce dan Jejaring UMKM sebagai sebagai wadah bertransaksi dan menjalin mitra kerja dengan pengusaha UMKM lain. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem e-UMKMberbasis web dengan menerapkan e-Commerce dan Jejaring UMKMsebagai sistem yang mengelola konsumen dan mitra usaha. Sistem ini juga dilengkapi dengan rekap data yang ditujukan untuk Dinas Koperasi dan UMKM sebagai Laporan Perkembangan UMKM.Tujuannya adalah, untuk memberikan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan bagi konsumen dan pemilik UMKM. E-UMKM adalah salah satu terobosan baru untuk memajukan UMKM melalui program Sistem Inovasi Daerah.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 18:07
    Last Modified: 11 Feb 2017 13:52
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13544

    Actions (login required)

    View Item