UDiNus Repository

KERUDUNG BUDAYA ASLI INDONESIA (Ekspresikan Dirimu dengan Hijab berkonsep fun, girly, atau gothic )

-, Zulaekhah and Wulandari, Giyan Ayu and Hartanti, Karisma Widia and -, Kristina and Sulistyoningsih, Ihda (2014) KERUDUNG BUDAYA ASLI INDONESIA (Ekspresikan Dirimu dengan Hijab berkonsep fun, girly, atau gothic ). PKM-K.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1312Kb) | Preview

    Abstract

    “KEYLA”Kerudung Budaya Asli Indonesia dengan slogan “Ekspresikan Dirimu dengan Hijab berkonsep fun, girly, atau gothic” merupakan sebuah terobosan usaha baru di bidang busana muslim khususnya jilbab dengan mengusung budaya-budaya Indonesia sebagai motif dan coraknya, namun tetap sesuai dengan kaidah ajaran Islam.9 dari 10 wanita Indonesia memakai jilbab. Setelah dilakukan survey di beberapa situs dan majalah hijab, 7 dari 9 wanita berhijab menginginkan model berhijab yang tidak monoton. Hijab yang tidak monoton tersebut adalah bentuk ekspresi dari pribadi wanita yang mengenakannya. Ekspresi tersebut antara lain menunjukkan pribadi yang fun, girly, atau bahkan gothic. Namun, kebanyakan dari wanita tersebut, sulit untuk menemukan jilbab yang berkonsep fun, girly, atau gothic, karena jilbab yang ada di pasaran masih bersifat hijab style saja tanda ada konsep penggunaannya. Bisnis jilbab KEYLA ini, memberikan kontribusi yang baik bagi pengusaha jilbab, pembeli dan negara Republik Indonesia. Untuk pengusaha jilbab, KEYLA ini merupakan suatu peluang usaha yang dapat memberikan keuntungan. Bagi para pembeli dapat menggunakan jilbab yang bernuansa budaya-budaya Indonesia. Selain itu, pembeli juga dapat mengekspresikan kepribadiannya dengan mengenakan produk dari KEYLA ini. Pembeli juga dapat menggunakan jilbab dengan mudah sesuai dengan alur motif dan tutorial yang diberikan oleh KEYLA. Untuk negara Indonesia, KEYLA berperan memperkenalkan budaya-budaya Indonesia kepada masyarakat melalui motif atau hiasan produknya yaitu jilbab. Selain memproduksi jilbab dengan corak khas budaya Indonesia, dan jilbab dengan konsep fun, girly, atau gothic, KEYLA juga menawarkan kursus hijab style. Sehingga bagi para pemula yang masih kesulitan mengenakan jilbab dapat mengikuti kursus yang diadakan oleh KEYLA. Proses produksi KEYLA didasarkan dari pengalaman penulis dalam melukis kain dan beberapa referensi dari internet. Produksi ini menggunakan bahan kain yang baik disesuaikan dengan kebutuhan wanita Indonesia yang berada di daerah tropis. Pengemasan KEYLA disesuaikan dengan kriteria bisnis di bidang busana. Jilbab dimasukkan dalam kantong plastik yang bertuliskan logo KEYLA. Jilbab yang telah dibungkus kantong plastik kemudian dimasukkan ke dalam kantong jilbab dengan bahan kertas yang terdapat logo KEYLA di luarnya. Pengemasan KEYLA juga dilengkapi tutorial bagaimana menggunakan jilbab sesuai dengan jilbab yang dibeli. Di belakang tutorial, terdapat penjelasan motif budaya yang dicantumkan dengan menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Proses promosi dan distribusi dilakukan secara langsung dan online. Untuk promosi dan distribusi secara langsung, produk ditawarkan kepada konsumen misalnya kepada keluarga,teman,atau tetangga, memanfaatkan komunitas tempat berkumpul, mendistribusikan ke toko-toko pakaian muslim, menjalin kerja sama dengan kenalan atau relasi yang berada di daerah atau kota lain, melakukan promosi kepada orang-orang yang baru dikenal, membuat alat-alat pemasaran seperti brosur atau katalog sehingga memudahkan calon pembeli memilih produk. Sedangkan promosi dan distribusi secara online dapat memanfaatkan social media seperti facebook, twitter, bbm dan social media lainnya.

    Item Type: Article
    Subjects: Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan
    Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan
    Divisions: Biro > Biro Kemahasiswaan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 12 Dec 2014 09:47
    Last Modified: 12 Dec 2014 09:50
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/14035

    Actions (login required)

    View Item