DEVY, PUTRA SATRIA (2015) MENGEVALUASI KINERJA BIDAN DALAM MELAYANI PASIEN MENGGUNAKAN FUZZY INFERENCE SYSTEM. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (504Kb) | Preview | |
| PDF Download (4Kb) | Preview |
Abstract
Dalam melakukan peningkatan kualitas kinerja pelayanan kebidanan pihak rumah sakit maupun puskesmas banyak yang belum melibatkan pasien sehingga masih terdapat kekurangan-kekurangan. Oleh karena itu perlu dilakukan pengukuran penilaian yang melibatkan pasien agar upaya peningkatan pelayanan kebidanan yang akan dilakukan dapat memenuhi harapan pasien. Penilaian tentang kinerja pelayanan kebidanan dapat berbeda-beda bagi setiap orang. Misalnya ada orang yang merasa cukup puas terhadap kinerja pelayanan kebidanan tertentu tetapi ada pula orang yang menilai kurang puas terhadap kinerja pelayanan yang sama. Pendekatan yang dipakai penulis untuk mengukur kinerja pelayanan bidan adalah logika fuzzy mamdani. Fuzzy Mamdani merupakan salah satu metode yang sangat fleksibel dan memiliki toleransi pada data yang ada. Fuzzy Mamdani memiliki kelebihan yakni, lebih intuitif, diterima oleh banyak pihak, lebih cocok input yang diterima dari manusia bukan mesin. Metode tersebut akan coba penulis terapkan pada kasus evaluasi kinerja pelayanan bidan berdasarkan Tangibility, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empaty. Dari variabel-variabel tersebut dihasilkan defuzzyfikasi yang merupakan output evaluasi kinerja bidan didapatkan bilangan riil sebesar 84,9 yaitu merupakan keanggotaan dari domain himpunan bilangan fuzzy baik yang artinya variabel evaluasi kinerja sudah dapat dikatakan baik yaitu mencapai 84,9 .
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 26 Nov 2015 10:15 |
Last Modified: | 26 Nov 2015 10:15 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17080 |
Actions (login required)
View Item |