UDiNus Repository

Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus dan Sikap Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak (Studi Kasus pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jepara)

AN, ROSYADA NISAA'AMRINA (2015) Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus dan Sikap Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak (Studi Kasus pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jepara). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (184Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Meningkatkan kepatuhan pelaporan Wajib Pajak merupakan kunci suksesnya mencapai penerimaan pajak. Kepatuhan pelaporan Wajib Pajak sangat perlu diperhatikan karena seiring dengan meningkatnya jumlah Wajib Pajak, maka kepatuhan pelaporan Wajib Pajak tersebut juga harus ditingkatkan agar fungsi pajak dapat diwujudkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan fiskus dan sikap Wajib Pajak terhadap Kepatuhan pelaporan Wajib Pajak (Studi kasus pada WPOP di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jepara) . Populasi dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Jepara sebanyak 59.485 Wajib Pajak. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data primer adalah dengan menggunakan simple random sampling. Sampel dalam penelitian sebanyak 100 responden yaitu Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Jepara. Analisis yang digunakan adalah test asumsi klasik, uji-t, dan uji F. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan data berdistribusi normal dan tidak terdapat penyimpangan, serta terbebas dari multikolinieritas dan heterokedastisitas. Berdasarkan perhitungan SPSS 20.0, diperoleh nilai F sebesar 55.591 dengan signifikansi 0,000 menunjukkan kurang dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ke dua variabel independen kualitas pelayanan fiskus dan sikap Wajib Pajak bersama-sama mempengaruhi kepatuhan pelaporan Wajib Pajak. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh variabel kualitas pelayanan fiskus dan sikap Wajib Pajak dapat menjelaskan variabel kepatuhan pelaporan Wajib Pajak sebesar 52,4% dan sisanya 47,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:21
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:21
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17249

      Actions (login required)

      View Item