UDiNus Repository

PENGETAHUAN DAN SIKAP PERAWAT RAWAT INAP TERHADAP PENGISIAN FORMULIR RESUME ASUHAN KEPERAWATAN (RM 13) DI RS PERMATA MEDIKA SEMARANG TAHUN 2015

WINDA, RAHAYU PUJI (2015) PENGETAHUAN DAN SIKAP PERAWAT RAWAT INAP TERHADAP PENGISIAN FORMULIR RESUME ASUHAN KEPERAWATAN (RM 13) DI RS PERMATA MEDIKA SEMARANG TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (84Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Formulir Resume Asuhan Keperawatan (RM 13) merupakan lembar pendokumentasian pasien yang diisi perawat dan berisi informasi lengkap perawatan pasien yang meliputi status kesehatan, kegiatan asuhan keperawatan serta respon pasien terhadap asuhan yang diterimanya. Pendokumentasian pencatatan klinis yang dilakukan perawat sangat penting untuk menginformasikan faktor tertentu selama asuhan dilaksanakan. Di rumah sakit Permata Medika ketidaklengkapan pengisian formulir (RM 13) dikarenakan perawat rawat inap lebih mengutamakan pelayanan perawatan dan pengobatan kepada pasien. Dari 10 sampel terdapat 70% formulir (RM 13) tidak diisi lengkap oleh perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan dan sikap perawat rawat inap terhadap pengisian formulir resume asuhan keperawatan (RM 13) di RS.Permata Medika Semarang Tahun 2015. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan metode pendekatan cross sectional. Dengan variable penelitian pengetahuan perawat rawat inap dan sikap perawat rawat inap. Total sampel sebanyak 48 perawat menggunakan angket sebagai sarana penelitian. Berdasarkan hasil penelitian sebagian besar 83,3% perawat berumur 20 - 29 tahun, berjenis kelamin perempuan 79,3% , berpendidikan DIII - keperawatan 95,8% dengan masa kerja 1 - 5 tahun 54,2% dan perawat yang tidak pernah mengikuti pelatihan 72,9%. Prosedur tetap petunjuk teknis pengisian formulir (RM 13) sudah tersedia, tetapi tidak diterapkan disetiap ruang perawat. Dari frekuensi total pengetahuan perawat diperoleh nilai rata - rata 30,25 dan frekuensi total sikap perawat diperoleh nilai rata - rata 37,31. Disarankan pihak unit rekam medis merekomendasikan petunjuk teknis pengisian formulir (RM 13) yang ditempel disetiap ruang perawat rawat inap disahkan oleh Direktur dan Komite Keperawatan. Petugas assembling dibawah tanggungjawab Komite Keperawatan melakukan pengawasan dan pengendalian pengisian formulir (RM 13) dengan mengembalikan DRM yang berisi formulir (RM 13) tidak lengkap kepada perawat dengan batas waktu pengembalian 1x24jam, melakukan sosialisasi mengenai petunjuk teknis pengisian formulir (RM 13) kepada perawat rawat inap yang dilakukan Komite Keperawatan.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:28
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:28
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17368

      Actions (login required)

      View Item