UDiNus Repository

HUBUNGAN ANTAR KONDISI MOTOR, LINGKUNGAN DAN SIRKUIT PARKIR TIMUR SENYN JAKARTA TERHADAP RESIKO KECELAKAAN PADA PEMBALAP DRAG BIKE

FEBRIANTO, HERMAWAN (2015) HUBUNGAN ANTAR KONDISI MOTOR, LINGKUNGAN DAN SIRKUIT PARKIR TIMUR SENYN JAKARTA TERHADAP RESIKO KECELAKAAN PADA PEMBALAP DRAG BIKE. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (165Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Terjadinya kecelakaan pada saat perlombaan drag bike di Jakarta sudah sering terjadi. Ada tiga factor utama penyebab terjadinya kecelakaan di arena balap drag bike yaitu kondisi motor, lingkungan dan sirkuit. Faktor kondisi motor meliputi kelayakan motor yang digunakan dalam balapan drag bike, factor lingkungan meliputi desain jalan dan permukaan jalan yang tidak rata dan bergelombang serta factor sirkuit meliputi jarak pembatas arena balap dan penonton yang terlalu sempit. Ketiga hal tersebut yang dapat menimbulkan risiko kecelakaan pada perlombaan balap drag bike. Penelitian ini merupakan penelitian analitik, dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 200 (duaratus) pembalap dengan metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan wawancara (interview) langsung dengan responden untuk member informasi dan keterangan sehubungan dengan penelitian di sirkuit saat balapan berlangsung.Penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas kuesioner, uji normalitas dengan Kolmogorof Smirnof dan uji statistik menggunakan uji korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan semua respon den berjenis kelamin laki-laki yang berjumlah 30 orang, umur responden 15 – 30 tahun, pendidikan terakhir responden SLTA sebsar 60%. Ada hubungan antara kondisi motor terhadap resiko kecelakaan dengan (p-value 0,021,r:0,418),artinya kondisi motor mempunyai hubungan dengan resiko kecelakaan dengan tingkat hubungan yang sedang. Ada hubungan antara lingkungan terhadap resiko kecelakaan dengan (p-value 0,045,r:0,369), artinya lingkungan mempunyai hubungan dengan resiko kecelakaan dengan tingkat hubungan yang rendah. Ada hubungan antara sirkuit terhadap resiko kecelakaan dengan (p-value 0,047,r:0,366), artinya sirkuit mempunyai hubungan dengan resiko kecelakaan dengan tingkat hubungan yang rendah.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:28
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:28
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17402

      Actions (login required)

      View Item