UDiNus Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU MENGGUNAKAN SABUK KESELAMATAN PADA SUPIR BUS ANTAR KOTA DI TERMINAL TERBOYO SEMARANG TAHUN 2015

RIZKI, NAVIANI (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU MENGGUNAKAN SABUK KESELAMATAN PADA SUPIR BUS ANTAR KOTA DI TERMINAL TERBOYO SEMARANG TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (272Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Berdasarkan survei awal di Terminal Terboyo Kota Semarang didapatkan 25 supir bus terdapat 18 supir bus tidak memakai sabuk keselamatan dan 7 supir bus memakai sabuk keselamatan. Kendala dalam pemakaian sabuk keselamatan yaitu kelayakan bus dan persepsi tentang risiko kecelakaan yang minim pada supir bus, tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku menggunakan sabuk keselamatan pada supir bus antar kota di Terminal Terboyo Semarang Tahun 2015. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang diteliti sebanyak 36 supir. Teknik sampling yang digunakan probability sampling dengan metode “purposive”. Analisa data menggunakan uji statistik rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan responden usia muda dan tua seimbang, pendidikan tertinggi dan paling banyak adalah SMA, lama berkendara responden antara 8-14 jam per hari, responden sebagian besar pernah mengalami kecelakaan dan setengah dari total responden pernah melihat kecelakaan. Persepsi tentang pemakaian sabuk keselamatan masih kurang, pengetahuan dan keyakinan responden dalam penggunaan sabuk keselamatan cukup baik, ketersediaan sarana di tiap armada bus sudah baik. Disarankan kepada supir bus untuk berkeyakinan dan berpersepsi bahwa penggunaaan sabuk keselamatan dalam berkendara sangat penting. Serta bagi pengelola bus dan pihak yang terkait perlu memberikan penyadaran secara persuasif tentang pentingnya penggunaan sabuk keselamatan.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:29
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:29
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17470

      Actions (login required)

      View Item