UDiNus Repository

Faktor-Faktor Yang Melatarbelakangi Perilaku Tidak Aman Berkendara (Unsafe Driving) Pada Mahasiswa Pengguna Mobil Pribadi di Kota Semarang Tahun 2015

FANNY, SAFITRI VIVIN (2015) Faktor-Faktor Yang Melatarbelakangi Perilaku Tidak Aman Berkendara (Unsafe Driving) Pada Mahasiswa Pengguna Mobil Pribadi di Kota Semarang Tahun 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (340Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Dari beberapa jenis transportasi yang ada, kecelakaan transportasi darat sebagai pembunuh nomor satu, dengan jumlah korban yang tertinggi. Hal ini disebabkan oleh jenis tranportasi darat yang banyak digunakan dan mudah aksesnya.Data yang dikeluarkan World Health Organization (WHO) tahun 2014 menunjukkan Indonesia menempati urutan pertama dalam hal peningkatan kecelakaan. Indonesia dilaporkan mengalami kenaikan jumlah kecelakaan lalu lintas hingga lebih dari 80 persen. Jumlah korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas mencapai 120 jiwa per harinya. Diperkirakan, angka tersebut akan meningkat hingga tiga kali lipat menjadi 3,6 juta per tahun pada 2030. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi perilaku berkendara tidak amanpada mahasiswa pengguna kendaraan mobil pribadi. Jenis Penelitian ini penelitian kualitatif.Peneliti menggunakan jenis observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yaitu pengukuran variabel saat bersamaan.Subjek penelitian ini merupakan dewasa muda dengan kisaran umur antara 21-30 tahun yang berstatus mahasiswa di Kota Semarang baik perguruan tinggi negeri ataupun swasta pengguna kendaraan mobil pribadi.Teknik pengambilan sampel secara purposive. Hasil Penelitian ini adalah subjek penelitian sebagian besar memiliki pengetahuan yang baik tentang perilaku tidak aman berkendara. Namun sikap dari subjek penelitian sebagian besar setuju melakukan perilaku tidak aman berkendara seperti tidak memakai sabuk pengaman, menggunakan handphone, mengantuk, mendengarkan musik, menyanyi, makan, merokok, melanggar tata tertib lalu lintas, berkecepatan tinggi saat berkendara. Nilai dari subjek penelitian sebagian besar baik. Perilaku teman sebaya sebagian besar tidak berpengaruh terhadap subjek penelitian. Perilaku berkendara subjek penelitian sebagian besar melakukan perilaku tidak aman saat berkendara seperti tidak memakai sabuk pengaman, mabuk, dan menggunakan handphone. Hasil Penelitian ini adalah subjek penelitian memiliki pengetahuan tentang perilaku tidak aman berkendara namun sikap dari subjek penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian melakukan perilaku tidak aman berkendara. Persepsi dari subjek penelitian baik dan tidak tentang perilaku tidak aman tapi subjek penelitian melakukan perilaku tidak baik.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:29
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:29
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17484

      Actions (login required)

      View Item