UDiNus Repository

USULAN PERBAIKAN TATA LETAK GUDANG BARANG JADI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEDICATED STORAGE GUNA MENINGKATKAN EFEKTIFITAS DI PT. RESTOMART CIPTA USAHA (NAYATI GROUP)

TITA, TASDIKIN (2015) USULAN PERBAIKAN TATA LETAK GUDANG BARANG JADI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEDICATED STORAGE GUNA MENINGKATKAN EFEKTIFITAS DI PT. RESTOMART CIPTA USAHA (NAYATI GROUP). Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (634Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Dalam sebuah pabrik, banyak faktor yang mendukung berjalannya sebuah proses produksi, diantaranya adalah bagian perencanaan produksi, bagian penerimaan material (receiving), bagian pengiriman produk (shipping) dan juga bagian pergudangan (warehouse). Gudang merupakan bagian terpenting dalam aktifitas produksi karena bagian ini merupakan area terjadinya aliran barang, informasi barang dan biaya. di PT. Restomart Cipta Usaha (NAYATI GROUP) pengamatan yang dilakukan adalah penyusunan produk jadi di gudang masih belum teratur atau masih kurang tertata rapi. Terjadi penyusunan unit yang dilakukan di sembarang tempat sesuai dengan proyeknya, pengaturan letaknya juga tidak tetap atau berubah-ubah, sehingga menyebabkan aliran keluar masuk barang tidak terkoordinasi dengan baik.Untuk mengatasi masalah yang ada diperlukan usulan penataan ulang dengan metode dedicated storage, dari perhitungan waktu tempuh didapat dari barang masuk dan barang keluar pada saat kondisi sebelum usulan adalah 176,09 menit. Sedangkan waktu tempuh pada tata letak usulan 149,30 menit. Terjadi pengurangan waktu tempuh sebesar 26,79 menit. Dari perhitungan jarak tempuh perjalanan didapatkan dari barang yang masuk dan keluar untuk kodisi awal sepanjang 5339,9 meter dan perjalanan tata letak usulan sepanjang 4471 meter. Terjadi perpendekan jarak tempuh perjalanan sepanjang 868,9 meter.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
      T Technology > Teknik Industri
      Divisions: Fakultas Teknik
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:33
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:33
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17538

      Actions (login required)

      View Item