UDiNus Repository

FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP EFISIENSI PEMROSESAN DATA PERPAJAKAN: SURVEY TERHADAP PENGUSAHA KENA PAJAK (PKP) PADA KPP PRATAMA DEMAK

INTAN, SARI PERMATA (2015) FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP EFISIENSI PEMROSESAN DATA PERPAJAKAN: SURVEY TERHADAP PENGUSAHA KENA PAJAK (PKP) PADA KPP PRATAMA DEMAK. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (380Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Salah satu langkah strategis yang dilakukan Dirjen Pajak untuk memaksimalkan penerimaan pajak adalah dengan melakukan penyempurnaan reformasi sistem administrasi perpajakan di sector PPN. Target penerimaan pajak agar tercapai, harus didukung oleh fasilitas pajak dan kepatuhan wajib pajak dalam membayar kewajibannya. Penggunaan e-SPT diharapkan mampu memudahkan Wajib Pajak dalam melaporkan besarnya kewajiban pajak yang dibayarkan. Administrasi perpajakan yang efektif harus menciptakan lingkungan yang mendorong wajib pajak secara sukarela mematuhi peraturan yang berlaku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah e-SPT mempengaruhi efisiensi pemrosesan data perpajakan terhadap pengusaha kena pajak. Penelitian ini menggunakan metode survei dan kuesioner. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagi kepada wajib pajak KPP Pratama Demak. Metode pemilihan sampel penelitian menggunakan convenience sampling. Metode pemilihan sampel menggunakan accidental sampling. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 725 wajib pajak badan yang berada di KPP Pratama Demak. Dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 88 wajib pajak. Penerapan e-SPT mempengaruhi efisiensi pemrosesan data perpajakan karena aplikasi e-SPT memudahkan wajib pajak dalam menghasilkan laporan keuangan, pencetakan SPT menjadi lebih mudah, membantu dalam melakukan perhitungan secara cepat dan akurat. E-SPT memudahkan dalam melakukan perhitungan serta mudah dipahami dan digunakan. Penggunaan e-SPT dimaksudkan agar semua proses kerja dan pelayanan perpajakan berjalan dengan baik, lancar, akurat serta mempermudah wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya diharapkan akan meningkat.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:47
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:47
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17614

      Actions (login required)

      View Item