UDiNus Repository

PENGARUH PAJAK HIBURAN, PAJAK PARKIR, PAJAK REKLAME, PAJAK HOTEL DAN PAJAK RESTORAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA SEMARANG (2009-2013)

IFTAKHUR, RIZQIYAH (2015) PENGARUH PAJAK HIBURAN, PAJAK PARKIR, PAJAK REKLAME, PAJAK HOTEL DAN PAJAK RESTORAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA SEMARANG (2009-2013). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (483Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4043b) | Preview

      Abstract

      Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame dan pajak parkir berpengaruh terhadap pendapatan assli daerah. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan sampel penelitian berupa data mengenai pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak parkir dan pendapatan asli daerah. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode dalam penelitian ini yaitu dengan cara mengumpulkan data yang diperoleh dari dokumentasi (berkas – berkas) yang berasal dari Kantor Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Semarang. Data diuji terlebih dahulu menggunakan statistik deskriptif kemudian Uji Kualitas data yaitu Uji Normalitas, Uji Asumsi Klasik meliputi Uji Multikolinieritas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Autokorelasi, serta Uji Regresi mencakup Uji F, Uji t dan Koefisien Determinasi. Hasil Uji F menunjukkan bahwa pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame dan pajak parkir secara simultan berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah Kota Semarang. Sedangkan hasil pengujian hipotesis (uji t), menunjukkan bahwa hanya terdapat dua variabel independen yang berpengaruh signifikan terhadap pendapatan asli daerah yaitu pajak restoran dan pajak hiburan. Sementara pajak hotel, pajak reklame serta pajak parkir tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan asli.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:48
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:48
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17677

      Actions (login required)

      View Item