UDiNus Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DALAM MEMBAYAR PAJAK (STUDI KASUS PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SEMARANG TENGAH)

KILAU, ACINTYASAKTI KEMBANG (2015) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DALAM MEMBAYAR PAJAK (STUDI KASUS PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SEMARANG TENGAH). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (254Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3678b) | Preview

      Abstract

      Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi wajib pajak dalam kemauannya membayar pajak. Penelitian ini menggunakan desain survey dengan kuesioner sebagai instrumennya. Responden dalam penelitian ini adalah wajib pajak pribadi yang terdaftar pada KPP Semarang Tengah. Penelitian ini menggunakan kesadaran membayar pajak, pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan perpajakan , persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan, pelayanan fiskus sebagai variabel independen dan kemauan membayar pajak sebagai variabel dependen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 21.00 for Windows Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kesadaran membayar pajak berpengaruh positif terhadap kemauan membayar pajak secara signifikan, (2) pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan perpajakan, berpengaruh positif terhadap kemauan membayar pajak secara signifikan, (3) persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan berpengaruh positif terhadap kemauan membayar pajak secara signifikan, dan (4) pelayanan fiskus berpengaruh positif terhadap kemauan membayar pajak secara signifikan.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:48
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:48
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17686

      Actions (login required)

      View Item