UDiNus Repository

FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF BAYI USIA 0-6 BULAN PADA IBU BEKERJA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NGEMPLAK SIMONGAN SEMARANG

STEFANI, KARTIKA BELINDA (2015) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF BAYI USIA 0-6 BULAN PADA IBU BEKERJA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NGEMPLAK SIMONGAN SEMARANG. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (164Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Indikator utama derajat kesehatan masyarakat adalah angka kematian bayi (AKB) yang dipengaruhi oleh faktor gizi. Gizi untuk bayi yang paling sempurna dan paling murah bagi bayi adalah Air Susu Ibu (ASI). Di Kota Semarang, Puskesmas Ngemplak Simongan merupakan salah satu puskesmas dengan jumlah bayi usia 0-6 bulan yang mendapat ASI Eksklusif yang masih rendah setiap tahunnya. Tahun 2011 sebesar 16,5%, tahun 2012 sebesar 14,5%, tahun 2013 sebesar 15,2%, dan tahun 2014 sebesar 12,3%. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor yang berhubungan dengan praktik pemberian ASI Eksklusif bayi usia 0-6 bulan pada ibu bekerja di wilayah kerja Puskesmas Ngemplak Simongan Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah semua ibu bekerja yang memiliki anak usia 0-6 bulan di wilayah kerja Puskesmas Ngemplak Simongan Semarang sebanyak 53 ibu. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan teknik accidental sampling dengan besar sampel yang diambil adalah 47 ibu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 53,2% ibu sudah baik dalam menerapkan praktik pemberian ASI Eksklusif. Tidak ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu (p-value=0,526), pelayanan konseling laktasi (p-value = 0,491), dukungan petugas kesehatan (p-value = 0,989), dukungan keluarga (p-value = 0,123), dukungan tempat kerja (p-value = 0,202), dan faktor psikologis ibu (p-value = 0,184) dengan praktik pemberian ASI Eksklusif di wilayah kerja Puskesmas Ngemplak Simongan Semarang. Disarankan bagi petugas kesehatan agar mengajak ibu untuk mengikuti pelayanan konseling laktasi di puskesmas. Bagi tempat kerja sebaiknya memiliki fasilitas khusus untuk ibu memompa ASI. Serta bagi ibu agar menambah pengetahuannya terkait ASI Eksklusif.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:54
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:54
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17761

      Actions (login required)

      View Item