UDiNus Repository

TINJAUAN KINERJA PETUGAS REKAM MEDIS DI BKPM SEMARANG GUNA PENINGKATAN PELAYANAN KESEHATAN

WAHYU, HIDAYAT SOFYAN (2015) TINJAUAN KINERJA PETUGAS REKAM MEDIS DI BKPM SEMARANG GUNA PENINGKATAN PELAYANAN KESEHATAN. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (182Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Setiap suatu pelayanan yang pertama kali terjadi antara petugas dengan pasien adalah yang menentukan apakah mutu pelayanan di rumah sakit tersebut sudah baik atau belum. Pasien akan puas dalam pelayanan di rumah sakit apabila mutu dan pelayanan di rumah sakit tersebut sudah sesuai dengan standar operasional yang sudah ditetapkan. Apabila keefektifan dan efisiensi di rumah sakit dalam pelayanan belum tercapai, kemungkinan petugas rumah sakit tersebut belum melaksanakan prosedur dan kebijakan yang sudah diberikan rumah sakit dengan maksimal. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui kinerja petugas Rekam Medis di BKPM wilayah Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Data diperoleh dari hasil observasi dan wawancara kepada semua petugas yang ada di unit rekam medis BKPM Semarang. Observasi dilakukan untuk melihat pelaksanaan Instruksi Kerja pendaftaran pasien baru dan pasien lama, assembling, koding/indeksing dan filing pada petugas rekam medis. Hasil penelitian menunjukkan pada bagian pendaftaran pasien baru (100%) Instruksi Kerja telah dilaksanakan, pendaftaran pasien lama (100%), assembling (50%), koding / indeksing (100%) dan filing (50%). Kendala utama pada bagian pendaftaran adalah mesin pemanggil nomor antrian terkadang mengalami kerusakan dan membutuhkan petugas khusus untuk pembuatan SEP (Surat Eligibilitas Peserta). Pada bagian filing tidak terdapat rak atau tempat penyimpanan khusus untuk dokumen in aktif. Saran untuk bagian pendaftaran yaitu, petugas pendaftaran pasien lama membutuhkan satu petugas khusus untuk pembuatan SEP, mesin pemanggil nomor urut pasien perlu diperbaiki untuk kelancaran pelayanan. Untuk bagian filing, sebaiknya ada tempat atau rak untuk dokumen inaktif sehingga tidak memakan tempat pada ruang filing.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:54
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:54
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17770

      Actions (login required)

      View Item