UDiNus Repository

TINJAUAN HUBUNGAN ANTARA JUMLAH PASIEN KELUAR RAWAT INAP DENGAN KEJADIAN KETERLAMBATAN PENGEMBALIAN DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT INAP KE ASSEMBLING RS BHAKTI WIRA TAMTAMA

ISFI, ARICHAH (2015) TINJAUAN HUBUNGAN ANTARA JUMLAH PASIEN KELUAR RAWAT INAP DENGAN KEJADIAN KETERLAMBATAN PENGEMBALIAN DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT INAP KE ASSEMBLING RS BHAKTI WIRA TAMTAMA. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (1004Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Keterlambatan yang ada setiap bulan selama 3 bulan terakhir, yaitu bulan April sampai dengan bulan Juni tahun 2014 mempunyai rata-rata keterlambatan sebesar 65% dari jumlah pasien keluar. Protap RS. Bhakti Wira Tamtama Semarang menyatakan bahwa rekam medis rawat inap harus di kembalikanke unit rekam medis paling lambat 2 x 24 jam setelah pasien pulang. Jika hal tersebut terlampaui, maka dikategorikan terlambat. Mengingat pentingnya kegunaan rekam medis maka keterlambatan pengembalian dokumen rekam medis rawat inap akan mempengaruhi proses pelayanan yang ada di rumah sakit khususnya bagian rekam medis, hal ini akan mengakibatkan terlambatnya pelayanan pada pasien apabila pasien tersebut kontrol kembali karena tidak bisa dilayani dengan cepat dikarenakan dokumennya belum kembali dari unit rawat inap dan mengetahui tinjauan hubungan antara jumlah pasien keluar dengan kejadian keterlambatan pengembalian DRM rawat inap Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, yaitu penelitian yang digunakan dengan tujuan utama membuat gambaran / deskripsi tentang suatu keadaan secara obyektif. Metode penelitian menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan langsung terhadap keterlambatan pengembalian dokumen rekam medis rawat inap kebagian assembling. Dari hasil pengamatan peneliti yang dilaksanakan selama 1 minggu dari tanggal 5 Febuari 2015 – 13 Febuari 2015 denga cara mengamati langsung, dimana jumlah pasien keluar pada tanggal 5 s/d 13 febuari 2015 sebanyak 103 pasien per bangsal, sedangkan dokumen yang terlambat dikembalikan kebagian rekam medis sebanyak 77 dokumen. Sebaiknya, untuk mengatasi kejadian keterlambatan petugas assembling menyampaikan kepada Direktur Rumah Sakit, untuk menambah jadwal praktek dokter seminggu dua kali.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:54
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:54
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17772

      Actions (login required)

      View Item